Friday, May 18, 2018

Phantom 4 Pro v2.0

Phantom 4 Pro yang merupakan seri flagship DJI untuk jajaran Quadcopter baru saja mengalami minor upgrade. Perubahan ini termasuk minor, namun bagi yang berencana membeli Phantom 4 Pro versi 2.0 lebih layak dibeli dibandingkan versi originalnya. Sedangkan bagi pemilik lama Phantom 4 Pro tidak perlu upgrade ke versi baru ini karena perubahanannya tidak significant.


Tidak ada perubahan dari sisi kamera & gimbal. Untuk bagian ini tetap sama dengan versi Phantom 4 Pro. GPS dan autonomous feature lainnya juga tidak ada perubahan dari versi original. Termasuk obstacle avoidance juga masih tetap seperti pada versi original. Dari sisi yang utama nyaris tidak ada yang berubah termasuk juga desain. Mau tahu apa saja yang berubah di V2.0?


Perubahan utama yang diusung oleh Phantom 4 Pro V2.0 ada desain propeller baru. Desain ini meniru desain Mavic Pro Platinum. Desain baru propeller baru ini memiliki tip kecil pada ujungnya yang menurut penelitian DJI lebih efisien & lebih senyap. Perubahan tidak terlalu besar dengan penurunan tingkat kebisingan sekitar 4 db & penambahan waktu terbang hingga sekitar 2 menit. Waktu 2 menit tidak terlalu banyak namun cukup lumayan untuk tambahan waktu quadcopter ini kembali ke home base. Demikian juga dengan penurunan 4 db memang tidak membuat quadcopter ini senyap, namun pasti terasa perbedaan tersebut setidaknya less annoying.


Perubahan berikut adalah tidak lagi menggunakan lightbridge namun digantikan dengan OccuSync System. Dengan system baru ini transmisi video akan lebih bagus dengan jangkauan yang lebih jauh. Selain itu dengan OccuSync ini dapat menggunakan  DJI Goggles RE secara wireless. Sebelumnya goggles ini harus terkoneksi dengan remote. Dengan system wireless tentunya lebih nyaman bagi pengguna karena tidak ada lagi kabel yang mengganggu penggunanya.

Oke perubahan ini cukup minor, namun bagi yang hendak membeli Phantom 4 Pro jangan bingung untuk memilih ini atau yang versi lama. Ambil saja yang versi baru.

No comments:

Post a Comment