Wednesday, May 16, 2018

Sony Alpha 9, Best Mirrorless For Sport Photography


Jika kita berbicara mirrorless camera, tentu nama Sony adalah yang pertama muncul. Mungkin pesaing terdekat Sony untuk mirrorless adalah FujiFilm. Namun Sony tetap lebih unggul dengan sensor Full Frame untuk flagship mereka seperti Alpha 7 & Alpha 9. Sony Alpha 9 merupakan mirrorless yang ditujukan untuk professional dengan fitur & specs yang sangat berorientasi pada sport, action, & wedding photography.


Sony Alpha 9 ini merupakan mirrorless Sony pertama yang menggunakan stacking CMOS.  Dengan stacking cmos ini waktu prosses data menjadi jauh lebih cepat dari sensor cmos konvensional hingga 2 kali lipat. Berkat stacking cmos yang menggabungkan integral memory ke dalam sensor secara langsung, Alpha 9 mampu melakukan continuous shoot hingga 20fps, dua kali lipat dari Alpha 7 III yang keluar kemudian. Berkat kemampuan 20 FPS ini menjadikan kamera Alpha 9 ini adalah kamera mirrorless terbaik untuk fotografi sport, action, & wedding. Momen-momen sepersekian detik yang sebelumnya sering terlewat dengan kamera lain, dapat terabadikan dengan baik dengan Alpha 9 ini.

Selain continuous shoot yang 2 kali lebih cepat, dengan strucktur stacking cmos ini membuat gambar pada sisi luar juga memiliki ketajaman yang sama seperti pada bagian tengah. Dan ini sangat menguntungkan terutama untuk wedding fotografi yang dituntut untuk menghasilkan gambar sempurna dari sebuah momen bahagia kliennya. Namun keunggulan Alpha 9 ini bukan hanya stacking cmos dengan 20 fps continuous shooting saja.

Berikut adalah daftar beberapa keunggulan Alpha 9
  • 24MP full-frame stacked CMOS
  • 20 fps continuous shooting with full AF (12 bit files)
  • buffer continuous shooting hingga 241 compressed raw atau 362 JPEG dalam 1 kali pengambilan burst mode.
  • In Body Image Stabilization. Ada 3 axis image stabilization pada body sehingga dengan lensa yang sudah mendukung image stablization total ada 5 axis. Pengambilan gambar dengan slow shutter menjadi jauh lebih mudah. Mengambil gambar panning pada aksi olahraga juga lebih mudah.
  • 100mbit/s UHD 4K dengan 30/25/24p.
  • 693 AF point
  • Object tracking AF.
  • Eye AF.
  • Dual Media Slots.
  • 14 bit uncompressed raw & 12 bit compressed raw.
  • Wireless Connectivity.
  • wide range sony lens.
Sony juga telah berhasil memberikan algoritma yang luar biasa dari segi noise reduction sehingga tetap menghasilkan gambar yang bagus meski dengan iso yang tinggi. Hal ini sangat penting tidak hanya untuk low light seperti foto indoor dalam acara wedding, juga saat membutuhkan freezing seorang atlit yang sedang berlaga dipertandingan. Dengan shutter speed diatas 1/1000 untuk mengabadikan pertandingan olahraga bisa jadi iso naik hingga 5 digit dan untuk itu noise reduction yang bagus sangat penting. Dan Alpha 9 ini mampu menghasilkan gambar yang bagus bahkan pada iso yang sudah diatas 10 ribu.

Jadi kamera ini memiliki semua yang dibutuhkan oleh sport & wedding fotografer. Mulai dari Continuous shooting 20 fps dengan buffer hingga 241 raw image, 5 axis stabilization, performa auto fokus yang superior dan mampu membuat perhitungan untuk objek tracking, dual memory slot & pilihan lensa sony yang sangat beragam. Bisa jadi ini adalah camera terbaik untuk saat ini untuk sport, action, & wedding.

No comments:

Post a Comment