20180504

Tips Memulai Bisnis Cetak PVC Card.

Indo Gadget dulu pernah menulis artikel mengenai tutorial membuat Member Card sendiri menggunakan bahan PVC. Dalam artikel tersebut proses membuatnya sangat mudah.  Dan karena peluang bisnisnya cukup lumayan, seorang kawan Indo Gadget tertarik dengan bisnis cetak PVC Card & berdiskusi dengan Indo Gadget untuk memulai bisnis ini apa saja yang diperlukan. Karena isi diskusi tadi cukup menarik jadi Indo Gadget tulis saja menjadi artikel agar memberikan manfaat bagi siapa saja yang ingin memulai usaha digital printing PVC Card.

Pertama dalam diskusi tersebut tentunya adalah peluang dari cetak PVC Card ini dapat diaplikasikan untuk apa saja. Yang paling utama adalah untuk cetak member card. Namun member card saat ini bermacam-macam. Seperti yang ada dalam tutorial di link diatas adalah yang paling basic, namun member card sekarang juga bisa jadi sangat canggih dengan adanya chip didalamnya. Selain untuk member card dapat juga digunakan sebagai kartu undangan, name card pegawai, kartu pelajar, dll. Yang menggunakan chip bahkan dapat untuk akses pintu seperti di apartemen, kartu pintar, dll. Selain itu juga dapat untuk cetak foto keatas media pvc dengan ukuran yang hampir mendekati A4 (20x30 CM). Jadi peluang untuk cetak PVC card ini masih luas dengan possible klien mulai dari fitness club, apartemen, rumah sakit, sekolah, perkantoran, pabrik, event organizer, bahkan perorangan, dan masih banyak lagi.

Dari diskusi tentang peluang diatas kita ketahui bahwa setidaknya ada 2 macam kartu yang dapat dibuat, yaitu tanpa chip & dengan chip. Untuk kartu tanpa chip ada dua metode yang dapat digunakan, yang pertama adalah dengan seperti tutorial diatas yaitu dengan bahan cetak pvc yang melibatkan mesin laminasi, sedangkan cara kedua adalah dengan bahan pvs yang telah dicoating dengan lapisan khusus dan kemudian dicetak menggunakan tray khusus untuk printer tertentu saja seperti epson L805. Untuk kartu ber-chip caranya sama seperti metode kedua yaitu menggunakan printer khusus yang bisa mengunakan tray cetak.

Jadi jika ingin memulai usaha ini apa yang harus disiapkan? Jika untuk kartu tanpa chip tentunya dapat menggunakan printer apa saja. Namun agar dapat lebih fleksibel tentunya kita harus bersiap dengan printer yang untuk kartu dengan chip juga. Jadi dapat siap menerima berbagai keperluan klien. Lagi pula secara modal juga hanya perlu nambah sedikit saja & kita jadi lebih dapat lebih melayani banyak kemungkinan klien. Berikutnya kita membahas mengenai modal.

Untuk permodalan kita bahas dengan menggunakan bahan-bahan dari SUN Indonesia, yang Indo Gadget buktikan sendiri kualitas bahan pvc cardnya. Untuk memulai usaha ini berikut adalah yang diperlukan
  • Tempat usaha : bisa menggunakan rumah & garasi sebagai tempat usaha, bisa juga dengan menyewa tempat.
  • Komputer : tentu saja kita memerlukan sebuah komputer dengan specs yang lumayan, karena specs yang terlalu rendah justru akan menghambat kinerja. Sebuah komputer dengan intel I5 & 8GB RAM + sebuah dedicated VGA adalah sebuah specs minimum.
  • Untuk printer & bahan cetak dapat menggunakan paket usaha dari SUN Indonesia yang sudah mendapatkan 1 unit printer L805 dengan tinta DURA ULTRA Art Paper Ink, tray untuk cetak pvc card, Printable PVC ID Card 25 pcs, & 1 tang puncher oval. Keunggulan dari paket ini selain dapat untuk kedua metode cetak pvc, juga sudah langsung dengan tinta DURA Ultra yang dapat untuk melayani cetak brosur art paper, cetak sticker bontax, dll sehingga lebih menguntungkan. Modal untuk paket ini RP. 4.853.000,- (harga perhari ini 4 mei 2018) yang dapat dibeli online dengan subsidi ongkir hingga Rp. 200.000,-
  • Tambahan peralatan untuk metode laminasi adalah dengan paket usaha khusus untuk metode laminasi. Paket ini berisi mesin laminasi, alat potong kartu, 1 tang puncher oval, & 1 pack bahan pvc card berisi 5 sheets ( bisa untuk sekitar 50 kartu)
  • Tambahan bahan. Untuk awal berdasarkan pengalaman yang paling sering dipakai adalah pvc card dengan ketebalan 0,76mm warna putih. Jadi bahan yang perlu di stock diawal adalah sebagai berikut :
Jadi untuk memulai usaha ini kira-kira yang diperlukan adalah seperti diatas. Untuk jumlah bahan tambahan tidaklah mengikat. dapat disesuaikan dengan kebutuhan & lokasi. Contoh diatas adalah untuk kota besar & itu adalah jumlah bahan minimal yang harus habis dalam 1 bulan. Untuk di kota kecil bahan PVC card yang menggunakan chip bisa jadi tidak perlu dikulak, jadi sesuaikan dengan kebutuhan saja. Bisa juga jumlah tersebut dirubah menyesuaikan dengan paket-paket yang mendapatkan gratis Ongkir.

Sedangkan untuk peluang harga jual jasanyanya sebagai gambaran adalah sebagai berikut untuk PVC metode laminasi sangat tergantung bahan (warna & Ketebalan) & jumlah dalam 1 order. Biasanya untuk bahan white ketebalan 0,76 untuk jumlah kecil misalkan kurang dari 10 lembar untuk 1 sisi Rp. 10.000,- perkartu, untuk bolak-balik (2 sisi) Rp. 14.000,- perkartu. Untuk yang lebih tipis atau tebal atau warna lain seperti gold & platinum dapat menyesuaikan dengan harga tersebut sebagai gambaran. Tentunya khusus untuk yang metode laminasi harga jumlah order besar menjadi lebih murah.

Sedangkan untuk yang printable biasanya harganya lebih stabil perubahan harga baru terjadi jika order diatas 100 kartu. Untuk non chip harga satuan berkisar antara 10-15 ribu. sedangkan bolak-balik berkisar 14-20 ribu rupiah perkartu. Sedangkan untuk kartu dengan chip biasanya sekitar 20-25 ribu perkartu & hanya ada 1 harga saja dalam artian bolak balik atau sisi sama saja.

Jika kita melihat bahannya & bandingkan dengan harganya, bisnis ini margin profitnya tergolong besar. Belum lagi juga dapat menerima cetak untuk keperluan yang lain dengan tinta DURA ULTRA dapat juga menerima cetak brosur A4 & A5 dengan bahan art paper. Yang penting dalam usaha ini selain hasil cetaknya, adalah harus jemput bola. Kesalahan umum yang sering dilakukan orang saat memulai usaha cetak adalah pemilik usaha terlalu berkutat pada produksi cetaknya. Seharusnya pemilik usaha lebih berkonsentrasi pada marketing. Ingat revenues & profit itu adalah darah & oksigen yang membuat terus usaha hidup. 

Bagaimana tertarik untuk memulai usaha ini? semoga tulisan ini menginspirasi gadget mania untuk menjadi entrepreneur kreatif.

No comments:

Post a Comment