20180502

Zhiyun Smooth 4, Premium Smartphone Gimbal Dengan Harga Entry Level


Setelah DJI meluncurkan upgrade dari Osmo Mobile pada februari lalu yang merupakan premium smartphone gimbal dari DJI, pihak Zhiyun tidak tinggal diam. Akhirnya setelah pada bulan maret lalu Zhiyun mengumumkan pre order Smooth 4 & saat ini Smooth Q sudah release dan dapat dibeli tanpa pre order. Smooth 4 merupakan upgrade dari Smooth 3 yang merupakan seri flagship untuk smartphone gimbal dari Zhiyun. Dan sebagai bentuk perlawan dari Zhiyun harga Smooth 4 dibanting pada harga $139. Namun meski berada di harga yang hampir 50% harga Smooth 3, bukan berarti rasa premiumnya dihilangkan oleh Zhiyun seperti yang dilakukan oleh DJI Osmo Mobile 2. Saat harga Osmo Mobile 2 turun menjadi $125, fiturnya juga menjadi turun selevel dengan Smooth Q. Sementara Smooth 4 ini tetap mempertahan beragam fitur Premium Smartphone Gimbal.



Banyak sekali fitur premium yang dibenamkan Zhiyun kedalam Smooth 4, Salah satu adalah wheel untuk zoom & Focus. Untuk defaultnya wheel ini untuk zoom, namun dengan menekan tombol "Fn" dapat digunakan untuk focus.  Dengan kemampuan untuk zoom in zoom out & merubah focus akan membawa smartphone videografi ke tingkat yang lebih prosumer daripada sebelumnya.

Selain itu Smooth 4 dilengkapi dengan beberapa fitur mode otomatis untuk membuat footage yang unik seperti Vertigo Shoot, POV Orbital Shoot, Rool-Angle Time Lapse. Misalkan dengan Vertigo Shoot dapat membuat efek psikologis untuk sebuah scene penyanderaan lebih dramatis karena seakan-akan ruangan menjadi seperti menyusut atau sebaliknya menjadi seperti membesar seperti efek seseorang yang terkena sakit vertigo. Efek ini dicapai  dengan melakukan zoom in sambil kamera bergerak menjauhi objek atau sebaliknya zoom out sambil kamera mendekati objek. Sebelumnya  untuk membuat efek ini pada kamera prosumerpun cukup sulit karena membutuhkan koordinasi antara gerakan kamera dengan zoom kamera, bahkan termasuk imposible shoot untuk sebuah smartphone yang rata2 tidak memiliki dedicated zoom wheel. Dengan Smooth 4 shoot semacam ini dapat dilakukan baik secara otomatis maupun manual menggunakan zoom wheel.


Fitur unggulan lainnya adalah steep motor yang digunakan tidak hanya memiliki torsi yang besar namun juga sangat responsif terhadap perubahan gerakan. Menjadikan footage yang dihasilkan sangat smooth karena setiap gerakan sekecil apapun dapat dikompensasi oleh motor dengan delay seminimal mungkin. Selain itu dengan torsi motor yang besar, gimbal ini dapat menambahkan beberapa asesories seperti wide lens, led light, & microphone tanpa memberikan beban yang diluar kemampuan motornya.

Bagi seorang yang suka sekali vlog, tentunya yang paling penting adalah battery life. Smooth 4 ini memiliki battery life yang cukup lama yaitu 12 jam dan dapat digunakan untuk mencharging smartphone disaat yang bersamaan. Menggunakan interface USB C yang memungkinkan fast charging. Selain itu juga telah menggunakan teknologi two ways charging yang memungkinkan gimbal ini untuk dicharge dengan power bank atau sumber tenaga lainnya dan pada saat yang bersamaan gimbal ini digunakan untuk charging smartphone. Tanpa teknologi ini jika saat saat charging digunakan untuk recharge smartphone maka battery gimbal tidak akan terisi dan smartphone akan terisi jauh lebih lambat yang efeknya dapat merusak baik smartphone & gimbalnya.

Dengan semua kecanggihan yang ditawarkan Zhiyung Smooth 4 & harga $139, ini benar-benar smartphone gimbal paling best deal dengan value yang jauh melebihi harganya. Dan dengan harga seri Smooth 4 yang sangat rendah, bisa diharapkan harga Smooth Q 2 akan mencapai harga dibawah $100 dan saat ini belum diumumkan oleh pihak Zhiyun.

No comments:

Post a Comment