Friday, June 29, 2018

Jailbreak, Cat & Mouse Games Between Apple & Jailbreak Community


Sejak era devices 64 Bit memang menghasilkan jailbreak yang untethered semakin sulit. Bahkan dari setiap generasi iOs proses jailbreak menjadi semakin rumit bagi para komunitas pembuat tool jailbreaker. Sementara end user menginginkan tool yang mudah digunakan, namun apple terus mempersulit dengan selalu menutup setiap exploit yang digunakan untuk jailbreak. Menjadikan tool jailbreak keluar semakin lama dan mungkin bisa tertinggal 1-5 update iOs. Kemudian sejak iOs 10 & 11 ini sudah semakin banyak fitur yang dulu hanya bisa dinikmati oleh pengguna iDevices yang sudah dijailbreak telah masuk & menjadi bagian dari iOs. 


Sudah hampir 2 tahun ini dunia Jailbreak cukup sepi, namun ternyata beberapa bulan ini kembali cukup menggeliat. Tiba-tiba ditemukan beberapa exploit baru yang memungkinkan untuk jailbreak hingga ke iOs 11.3.1 dengan hampir semua devices termasuk iPhone X. Bisa jadi ini disengaja oleh Apple yang mulai kebingungan dengan fitur apalagi yang dapat dimasukkan kedalam iOs 12 nanti dan menggunakan jailbreak community untuk mendapatkan ide-ide baru yang fresh.

Namun tentu saja Apple tetap saja menunjukkan policy yang anti jailbreak dengan membuat 1 halaman tersendiri dalam website mereka mengenai bahaya jailbreak. Namun jika tiba-tiba muncul exploit baru agar jailbreak memungkinkan menjelang peluncuran iOs 12, bisa jadi memang itu disengaja oleh Apple untuk dapat tetap mempertahan gaya inovasi mereka dengan menggunakan ide-ide yang ada di cydia (alternatif appstore untuk para jailbreaked mencari apps & tweak).

Namun bagaimana dengan para end usernya apakah masih tetap tertarik dengan jailbreak?? karena jailbreak saat ini hanya mampu menghasilkan tethered jailbreak. Yang artinya iDevices harus dikonekkan ke komputer setelah 7 hari agar jailbreaknya tetap berjalan. Bagi sebagian besar ini termasuk merepotkan dan tidak sebanding dengan manfaat yang didapatkan melalui jailbreak.

No comments:

Post a Comment