20180623

Sensasi Berkendara New Honda Vario 150 2018

Vario merupakan varian tertinggi skuter matic honda untuk kelas non premium mereka. Pada kelas premium tentu saja ada PCX & SH150i. Namun pada kelas non Premium Honda Vario adalah yang tercanggih dari semua skutik Honda. Dalam artian dari Vario, Beat, & Scoppy, Vario selalu menjadi yang pertama menerima teknologi canggih Honda yang sebelumnya telah diterapkan pada produk premium Honda. 

Honda Vario 2018 ini merupakan upgrade dari Honda Vario 2014. Tidak hanya terjadi perubahan desain saja pada exteriornya namun juga perubahan dari segi kelistrikan & fitur juga. Honda memang dalam membuat desain selalu lebih awet sehingga tidak perlu setiap tahun mengubah bentuk mereka dan tetap tampil mengikuti jaman. Karena product cycle Vario yang 4 tahun ini termasuk lama untuk kelas skutik. Karena kompetitornya nyaris setiap tahun merubah bentuk mereka agar tetap menarik. Namun desain Vario terbukti mampu bertahan hingga 4 tahun dan tetap diminati sebelum diganti dengan desain baru.

Desain baru ini masih tetap menggunakan bahasa desain yang sama dengan yang lama yaitu futuristik sporty. Namun keunggulan desain Vario dibandingkan kompetitornya katakanlah Aerox, sama mengusung futuristik sporty namun desain Vario lebih simpel sementara Aerox termasuk over detail. Simplistic desain selalu lebih lekang oleh waktu dan tidak cepat menimbulkan kebosanan. Aerox pada saat baru keluar memang terlihat menarik tetapi setelah beberapa bulan menjadi bosan karena terlalu banyak detail dan sudut pada desain bodynya.

Desain 2018 ini lebih minimalis dengan menghilangkan beberapa detail sudut yang masih tampak berlebihan pada model 2014. Kemudian memisahkan lampu sein depan dengan head lamp seperti pada desain sport honda yang lain katakanlah CBR250RR. Lampu Sein tampak seperti alis karena juga bergabung dengan rumah lampu kota. Desain baru ini membuat Vario 2018 tampil lebih fresh dan gagah. Semua perlampuan pada model 2018 inipun telah digantikan dengan LED yang lebih awet dan hemat energi dengan beban yang lebih kecil bagi accu. Tetap mengusung pijakan kaki pengemudi flat sehingga dapat difungsikan sebagai bagasi yang memudahkan untuk membawa barang pada bagian depan. Misalkan membawa belanjaan, galon air mineral, LPG 3kg, dll. 

Untuk pengereman masih tetap hanya menerapkan Combi Brake belum ABS namun untuk rem depan sudah dilengkapi dengan wave disk brake. Bentuk wave disk brake ini memberikan pengereman yang lebih pakem dibandingkan dengan bentuk disk brake biasa. Sayang sekali tidak memiliki varian ABS yang lebih aman untuk menghindari selip pada saat pengereman. Seharusnya Honda menerapkan varian ABS pada Vario karena pihak kompetitor telah memiliki varian ABS pada seri tertingginya.

Fitur Baru pada Vario 2018 adalah Keyless dengan Honda Smart Key yang dapat difungsikan juga sebagai alarm, immobilizer, & talk back. Ini merupakan skutik pertama Honda yang bukan termasuk produk premium yang mengusung teknologi ini. Honda mengeklaim bahwa kunci sistem keyless ini lebih aman daripada kunci konvensional. Memiliki akan mendapatkan 2 buah kunci sebagai cadangannya. Dan apabila 2 kunci itu rusak atau hilang dapat meminta kunci tambahan pada dealer honda terdekat dengan membawa bukti kepemilikan motor & nomer kontak yang lama. Karena itu menyimpan nomer seri Honda Smart Key sangalah penting.

Fitur canggih lainnya masih tetap sama seperti yang diterapkan pada model 2014, yaitu ISS, Combi Brake,  ESP, & starter ACG. Honda Vario 150 2018 ini tetap bisa dikatakan irit dengan jarak tempuh 46,9km/L dengan mengunakan metode pengujian ECE R40 Euro 3, ISS ON. Konsumsi bahan bakar ini termasuk sangat irit untuk skuter matic 150cc. Tarikan dan speednya juga cukup powerfull dengan sudut kemudi yang nyaman serta lincah untuk menyalib di jalan perkotaan yang tergolong padat. Keistimewaan dari segi mesin ini menjadikan Vario 150 ini sangat nyaman untuk diperkotaan, ditambah dengan fitur ISS nya membuat semakin irit disaat macet dan juga traffic light yang jumlahnya sangat banyak di kota.

Untuk perkakian termasuk cukup nyaman dan stabil dalam melewati berbagai medan perkotaan termasuk melewati jalan bergelombang, sedikit berpasir, serta deretan polisi tidurpun semua dapat dilewati dengan nyaman dan stabil. Meski suspensi belakang masih tetap single suspension namun dengan double swing arm membuat Vario ini jauh lebih stabil daripada skutik yang masih menggunakan single arm seperti BeAt, & Mio. Jika anda termasuk pencinta Vario, versi 2018 ini adalah termasuk upgrade besar yang sangat layak untuk dimiliki menggantikan motor lamamu.

No comments:

Post a Comment