Saturday, June 30, 2018

Uji Ketahanan Cetak Foto Terhadap Sinar UV

Lanjutan dari artikel sebelumnya mengenai tinta Pigment Pro, pada artikel kali ini adalah uji ketahanan terhadap tinta UV. Jadi sebelum libur lebaran lalu Indo Gadget telah mencetak foto dengan 4 printer yang berisi tinta berbeda. Printer 1 tentu saja menggunakan tinta original dari printer, Printer ke-2 menggunakan tinta Pigment Pro, Printer 3 menggunakan tinta REVO Smart Ink, sedangkan printer 4 menggunakan tinta Blueprint. Dari masing-masing printer tersebut kemudian mencetak 2 lembar foto yang sama. Jadi total ada 8 lembar hasil cetakan. Kemudian Indo Gadget sengaja meletakan 4 hasil cetakan diluar terkena sinar matahari selama 3 minggu sedangkan 4 sisanya disimpan didalam sebagai pembanding before after dijemur 3 minggu.




Kini setelah 3 minggu ke-4 foto tersebut dijemur terkena matahari langsung, Indo gadget kemudian membandingkan foto yang terjemur tersebut dengan foto-foto pembandingnya yang disimpan didalam kantor. Hasilnya adalah foto yang dicetak menggunakan tinta PIGMENT PRO tidak perubahan. warnanya masih tetap sama antara yang dijemur dengan yang disimpan dalam lemari. hal ini membuktikan bahwa tinta PIGMENT PRO memang memiliki ketahanan terhadap sinar UV yang sangat kuat. Pada posisi kedua adalah imbang antara foto yang dicetak menggunakan tinta REVO Smart Ink dengan tinta original, pada foto yang dicetak menggunakan kedua tinta ini jika dibandingkan dengan foto yang disimpan dalam ruangan tampak sedikit berbeda. Namun perbedaannya tidak banyak bahkan jika dilihat sekilas tidak terlalu tampak, menandakan kedua tinta ini memiliki ketahanan UV yang cukup baik. Hasil cetak foto dari tinta blueprint yang paling terlihat perbedaan antara foto yang dijemur dengan yang disimpan didalam ruangan. Warna kuningnya mulai tampak memudar sehingga secara sekilas saja sudah terlihat perbedaannya. Hal ini menandakan ketahanan UV tinta blueprint tidak sebaik tinta original & tinta REVO yang masih sama-sama tinta dye.

Dari pengujian ini tampak sekali keunggulan tinta Pigment Pro dibandingkan tinta dye dari segi ketahanan terhadap sinar UV. Dengan hasil warna yang hampir sevivid tinta dye namun ketahananya sangat superior, menjadikan tinta ini menurut Indo Gadget sangat cocok untuk usaha cetak foto. Semoga menginformasi kawan-kawan pembaca.

Hasil dari Pigment Pro antara yang dijemur 3 minggu dengan yang disimpan Indoor tetap sama.

Hasil original printer tampak sedikit memudar, namun tidak terlalu kentara.

Hasil REVO Smart Ink mirip[ seperti tinta original printer. tidak terlalu berbeda antara yang dijemur dan disimpan indoor.

Hasil tinta Blueprint tampak paling pudar dan warnanyapun jika dibandingkan tinta original printer tampak lebih merah.

No comments:

Post a Comment