Saturday, July 7, 2018

Inovasi Consumer UAV Semakin Lambat, Pertanda Pasar Lesu Atau...


Dibandingkan tahun 2016 & 2017, tahun 2018 ini inovasi pada UAV untuk kelas consumer semakin lambat. Jika pada tahun sebelumnya hampir setiap bulan muncul inovasi & model baru yang menawarkan fitur baru dari berbagai pabrikan quadcopter. Pada tahun 2018 ini inovasi terakhir yang menggebrak pasar hanyalah Mavic Air yang muncul beberapa bulan lalu. Sedangkan Mavic airpun sebenarnya tidaklah menawarkan inovasi yang benar-benar baru melainkan hanya refining dari teknologi yang digunakan pada Spark & Mavic Pro.



Apakah ini pertanda pasar untuk UAV kelas consumer sendiri mulai lesu? ataukah teknologinya yang sudah mulai stagnan sehingga tidak lagi muncul product-product yang menggebrak pasar seperti pada tahun sebelumnya. Yang pasti jika melihat bottomline dari kelas konsumer yaitu konsumen awam, pada kelas ini memang dari segi pasarnya memang sudah lesu. Pengguna awam sendiri sudah mulai bosan & tidak lagi hype dengan UAV seperti Quadcopter & multicopter lainnya. Pasar yang masih tetap ada peminatnya hanya untuk kelas prosumer seperti reporter, wedding services (foto & video), event services (sebagai pengganti firework). Serta pasar untuk races. Jadi hanya di kedua kelas ini saja yang pasarnya tetap ada, namun sudah tidak lagi hype seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Pemicunya bisa jadi karena mengendalikan Quadcopter tidaklah semudah yang dibayangkan, terutama untuk toy quadcopter. Kemudian banyak negara yang akhirnya menerapkan peraturan ketat mengenai Quadcopter yang bahkan lebih ketat daripada peraturan untuk aircraft model yang lain. Seperti harus memiliki sertifikat dengan biaya sertifikasi yang tidak murah. Kedua hal ini bisa jadi pemicu pasar Quadcopter lesu dari hobbyist pemula. 

Padahal kelas hobbyist awam inilah yang menjadi bottomline dari konsumen consumer quadcopter, alias yang terbanyak dan yang membentuk hype dari pasar ini. Turunnya minat tentunya pasti direaksi oleh produsen yang kemudian melambat dari segi R&D tidak lagi meluncurkan produk baru secepat sebelumnya dan kemudian lebih menyasar untuk kelas yang prosumer yang lebih stabil. Pasar Quadcopter tidak akan mati, namun kita tidak bisa berharap inovasi muncul secepat sebelumnya.

No comments:

Post a Comment