20180730

Komparasi 3 Brand Kertas Foto


Ada 3 brand kertas foto yang saat ini sering Indo Gadget gunakan untuk cetak image baik foto maupun ilustrasi. Ketiganya adalah dari brand SUN Indonesia, Spectra, & Dataprint. Ketiganya memiliki harga yang hampir sama yaitu pada kisaran Rp. 30.000,-an. Meski harganya hampir sama ketiga kertas ini memiliki kualitas yang tidaklah setara. Mari kita bahas satu persatu sesuai urutan alphabet.




Dataprint.
Kertas dari Dataprint ini bisa dikatakan yang memiliki kualitas paling kurang diantara ketiga kertas ini. Warna kertasnya sangat tampak kekuningan, sehingga hasil cetaknya selalu berubah menjadi jauh lebih warm dari yang seharusnya. Sangat tidak cocok untuk keperluan cetak yang membutuhkan akurasi. Kemudian dari segi ketebalan kertas juga yang paling tipis untuk kertas yang memiliki GSM sama. Dataprint dengan 270GSM memiliki ketebalan yang mirip dengan 210 GSM dari kedua merk yang lain. 

Cetak pada kertas dataprint juga untuk gradasi kulit wajah tampak tidak bisa halus dan tampil alami. Untuk pertemuan warna kontras juga muncul semacam garis tipis dengan warna percampuran antara keduanya. Kondisi ini muncul karena daya serap kertas ini kurang bagus dan tinta memerlukan waktu lebih lama untuk kering. Akhirnya kertas ini selama ini Indo Gadget hanya gunakan untuk proof print saja, tidak pernah untuk hasil cetak final.

Spectra.
Kertas Spectra ini meski pada kemasannya tertulis professional glossy photo paper menurut Indo Gadget ini masih termasuk generik photo paper. Karena kertas ini tidaklah memiliki fitur kertas foto professional seperti resin coated. Kertas foto Spectra ini juga tampak kekuningan namun tidak separah data print. Warna cetak memiliki karakter menjadi lebih warm. Keunggulan satu-satunya dari kertas dari Spectra ini adalah untuk GSM yang sama memiliki ketebalan yang paling tebal. Misalkan sama-sama 210 GSM kertas spectra adalah yang paling tebal, sementara dari dataprint yang paling tipis, sedangkan dari SUN Indonesia memiliki ketebalan yang bisa dibilang pas dengan GSM tertera.

Hasil cetak pada Spectra lebih baik dari pada Dataprint. Gradasi kulit sudah halus dan alami, juga tidak ada warna blobor pada pertemuan warna kontras. Sayangnya dari segi colortone kertas ini masih meleset dan cenderung ke warm. Termasuk sulit untuk mendapatkan colortone yang diinginkan, harus melakukan tweak pada advanced colot printer setting untuk mengkompensasi hasil cetak yang meleset tersebut.

SUN Indonesia.
Dari SUN Indonesia Indo Gadget menggunakan SUN Glossy Photo paper. Kertas foto ini merupakan yang paling favorit bagi kami. Warna kertas memiliki putih yang netral, tidak cenderung ke warm maupun cool. Colortone tidak meleset sesuai dengan yang kami kehendaki. Ketebalan GSM nya juga pas. Karena printer kami hanya mampu menggunakan kertas dengan baik hingga 230 GSM saja, jika lebih tebal dari itu pada saat cetak bagian terakhir akan bergeser. Karena 230 GSM dari SUN Indonesia benar-benar sesuai pada 230GSM kami tidak pernah bermasalah. Sedangkan kertas Spectra 230 GSMnya  hampir setara dengan kertas 245 GSM sehingga sering bagian akhir cetakan menjadi meleset dan berbayang, karena itu untuk spectra kami maksimal gunakan yang 210 GSM.

Hasil cetak kertas foto dari SUN Indonesia menurut kami adalah yang terbaik. Warnanya sangat akurat dengan gradasi warna yang halus, kulit juga tampak alami dengan detail yang baik. Juga tidak ada warna blobor pada pertemuan warna kontras. Selama ini Indo Gadget tidak pernah bermasalah dengan colortone yang meleset. Bahkan hasilnya sudah pas tanpa perlu merubah advanced color setting untuk mendapatkan hasil yang diinginkan seperti yang harus kami lakukan pada kertas foto Spectra.

Kesimpulannya bagi kami yang terbaik adalah kertas foto dari SUN Indonesia, kemudian pada posisi kedua adalah Spectra, & diposisi terakhir adalah Dataprint. Semoga komparasi ini dapat membantu pembaca karena ketiga kertas diatas memiliki range harga yang hampir sama.

No comments:

Post a Comment