Tuesday, July 24, 2018

Teori Lain Mengapa Pasar Quadcopter Melesuh


Pada beberapa artikel sebelumnya Indo Gadget sempat membahas mengapa pasar Quadcopter semakin sepi inovasi. Jika pada artikel tersebut kelesuhan diperkirakan karena masa hype Quadcopter dikalangan pengguna awam turun. Ternyata ada sebuah pendapat berbeda mengapa pasar Quadcopter kini semakin lambat berinovasi.


Dalam teori baru ini dikarenakan pasar quadcopter terlalu di monopoli oleh satu brand saja yaitu DJI. Setahun terakhir ini DJI bisa dikatakan yang menguasai pasar dan juga berita mengenai UAV terutama quadcopter. Akibatnya adalah DJI menjadi peguasa tunggal yang tidak terkalahkan di pasar ini. Tidak ada brand lain yang mampu memiliki penetrasi & awareness yang bersaing dengan DJI. Quadcopter buatan DJI memang memiliki kualitas yang sangat baik, namun bukan berarti tidak ada brand lain yang memiliki kualitas setara. Sayangnya saat ini brand lain tersebut semakin tidak terdengar oleh pengguna awam. 

Selama 2017 DJI begitu massive menguasai highlight berita mengenai Quadcopter. Sehingga pengguna awam mengasosiasikan Quadcopter = DJI. Akibatnya jelas, brand lain akhirnya tidak memperoleh penjualan yang bagus karena brand mereka semakin kurang dikenal. Jika profit turun tentu saja porsi untuk R&D juga turun, akibatnya Inovasi juga melambat. Saat ini pasar ini sangat bergantung pada inovasi yang ditawarkan DJI saja. Karena bisa dibilang DJI adalah dari segi keuangan sehat untuk memberikan budget R&D yang besar.

Semoga kedepannya ada pabrikan lain yang mampu memberikan persaingan ketat. Sebab jika tanpa pesaing maka inovasi akan melambat.

No comments:

Post a Comment