20180821

Forza 250, Premium 250cc Skutik Honda Tarikan Super Mantap

Pasar skutik premium tanah air khususnya untuk 250cc saat ini memang dikuasai oleh Yamaha X-Max yang telah mengaspal beberapa bulan lalu. Namun dominasi X-Max sebentar lagi akan digoyang Honda nih. Diluncurkan pada GIIAS 2018 lalu, Forza 250 akan menjadi ujung tombak Honda untuk pasar Skutik Premium 250. Beruntung sekali nih Indo Gadget memiliki kesempatan untuk mencoba sebentar rasa dari Skutik ini meski tidak test ride ke jalanan namun hanya berputar-putar dalam area parkir pergudangan yang cukup luas.


Rasa berkendara yang ditawarkan Forza 250 ini jelas lebih bertenaga & liar jika dibandingkan dengan PCX 150. Selisih 100cc ini sangat terasa sekali dari segi power. Jika anda sudah pernah menaiki PCX Hybrid saja sudah terasa bedanya dengan PCX standard. Nah Forza ini jauh lebih bertenaga lagi dibandingkan PCX Hybrid. Jadi Forza ini cocok bagi penggemar PCX yang ingin upgrade ke cc yang lebih besar. Tuas gas ditarik sedikit saja sudah sangat terasa powernya, sangat responsif. Dari segi power  dengan X-Max yang sekelas memang untuk jalan umum terasa mirip, namun menurut indogadget untuk akselerasi lebih responsif Forza. Pemakaian juga lebih irit khas Honda.

Dari segi kestabilan juga terasa sangat stabil baik untuk kondisi bergelombang (beberapa area dalam kawasan pergudangan ini memang bergelombang) maupun saat permukaan rata. Kemudi tidak terasa liar saat melewati geronjalan dengan kecepatan 30 km/jam, sangat nyaman dan stabil. Sebenarnya ingin mencoba sedikit lebih cepat lagi, namun mengingat unit forza ini milik orang lain, Indo Gadget tidak mencoba lebih cepat pada area yang bergelombang tersebut hanya berada pada kecepatan wajar.

Posisi berkendara juga terasa sangat nyaman. Meski hanya mencoba sekitar 20-30 menitan, namun Indo Gadget dapat membayangkan bahwa Forza ini pasti nyaman sekali untuk touring perjalanan jauh. Posisi mengemudinya tidak membuat capek.  Sudut kemudi masih cocok untuk touring & cukup lincah untuk bermanuver.

Dari segi keamanan sangat mengerem Forza ini jauh lebih aman dari pada PCX karena sudah dual channel ABS untuk rem depan & belakangnya. Tentu saja ini penting sekali karena power Forza jauh diatas PCX. Dengan tenaga yang lebih besar jika terjadi brake lock tentunya lebih berbahaya, karena itu penggunaan ABS pada Forza tentunya sangat urgent.

Jika penggemar otomotif khususnya roda 2 & memiliki uang lebih, tentunya forza ini layak masuk koleksi. Karena dari segi harga yang tergolong mahal untuk skutik tentunya pasar dari skutik ini bukanlah orang kebanyakan. Dari segi harga tentunya sudah benar-benar midle up banget. Namun harganya meski mahal bisa dibilang pantas dengan fitur-fitur yang ditawarkannya.

No comments:

Post a Comment