20180813

Galaxy Note 9 First Impression

Galaxy Note 9 yang merupakan smartphone Samsung yang paling ditunggu oleh sebagian besar pengguna android terutama dari golongan bisnis akhirnya telah meluncur dan saat ini masih dalam masa pre-order. Indonesia termasuk salah satu yang dapat melakukan pre-order saat ini. Hal ini  menandakan bahwa Samsung melihat Indonesia sebagai pasar yang sangat potensial. Terbukti setiap kali peluncuran product galaxy baik yang flagship maupun mid entry selalu laris di Indonesia. Karena itulah Samsung memasukkan Indonesia sebagai salah satu negara yang menerima Note 9 dalam tahap pertama penjualannya.

Galaxy Note series ini merupakan product dapat menjadi populer karena samsung keras kepala. Disaat trend stylus dianggap sebagai sesuatu yang ketinggalan jaman pada saat galaxy note 1 keluar. Meski dihadapkan masalah latency yang cukup mengganggu dan dikeluhkan pengguna. Namun Samsung tetap bertahan dan terus mengeluarkan Note Series dengan S-Pen yang terus diperbaiki sehingga latencynya tidak lagi dirasakan mengganggu. Seandainya Samsung seperti LG, pastilah saat ini sudah tidak akan ada Galaxy Note. Stylus pada Galaxy Note akhirnya disukai oleh kalangan bisnis untuk memberikan cacatan kaki, menanda tangani dokumen digital, dan masih banyak lagi.


Pada Galaxy Note 9 secara desain sangat mirip dengan Note 8. Hanya lebih sedikit lebih besar karena layar Note 9 memang lebih besar. Desain yang mirip-mirip ini menunjukkan Samsung akhirnya memiliki bahasa desain yang telah matang seperti halnya Apple dengan iPhonenya. Lagipula seperti peribahasa "untuk apa memperbaiki sesuatu yang tidak rusak".

Di Note 9 ini selain S-Pen ada Bixby & Dex yang menunjukkan sifat keras kepala Samsung untuk memasukkan sebuah fitur ke pasar. Meski keduanya tidak memperoleh respon yang terlalu positif, namun samsung tetap bersikeras untuk terus meningkatkan dua fitur ini. Seandainya ini terjadi pada LG yang sama-sama perusahaan dari Korea Selatan, tentunya kedua fitur ini sudah mereka kill.

Dari segi Kamera tidak terlalu banyak perubahan. Hanya terjadi sedikit peningkatan pada kamera utama yang menggunakan aperture yang lebih besar dari generasi pendahulunya yaitu f/1.5. Sementara fitur variable aperture seperti pada Galaxy S9 tidak muncul pada Note 9 ini.

Untuk OS masih menggunakan Android Oreo belum menggunakan Android Pie. Namun android oreo yang digunakan telah dicustom oleh Samsung untuk mengakomodir semua fitur yang mereka tawarkan termasuk S-Pen baru yang telah dilengkapi bluetooth. Tentunya Customisasi OS ini memiliki downside, yaitu dari sesama Snapdragon 845, Galaxy Note 9 adalah yang terlambat.

Secara keseluruhan Note 9 ini adalah smartphone yang solid dan bagi yang ingin beralih ke Note Series sebaiknya langsung ambil Note 9 saja. Sedangkan pengguna Note 8 mungkin masih dapat menunda hingga tahun depan, karena peningkatan kali ini lebih kearah refinement saja daripada sesuatu yang drastis.

No comments:

Post a Comment