20180821

Kertas Foto Yang Sebenarnya Untuk Para Professional

Kebutuhan untuk professional dalam cetak foto tentunya berbeda dengan orang umum. Fotografer professional tentunya menginginkan hasil cetak yang sempurna. Kertas Foto Inkjet umumnya tidak dapat memberikan "feel" yang sama dengan kertas foto yang dicetak di Lab foto. Yang sudah mengenal fotografi sejak masih jaman masih menggunakan film tentu paham sekali. Bahwa kertas foto dari lab foto seperti fuji atau kodak itu berbeda sekali dengan kertas foto inkjet yang umum. Terutama saat foto tersebut dipegang, sangat terasa sekali perbedaannya. Kemudian kertas foto inkjet yang umum tidak dapat dicetak menggunakan tinta pigment yang jauh lebih awet dibandingkan dengan tinta dye. Sedangkan para professional tentunya menginginkan hasil cetak masterpiece mereka mampu bertahan hingga bertahun-tahun.

Jadi kertas foto inkjet yang umum tidak dapat mengakomodir kebutuhan tersebut. Yaitu feel kertas seperti hasil cetak lab foto & dapat dicetak menggunakan tinta pigment. Indo gadget baru saja mencoba kertas foto yang dapat mengakomodir kedua kebutuhan pokok tersebut. Yaitu Professional Glossy Photo Paper Resin Coated dari SUN Indonesia. Jadi kertas ini berbeda dengan kertas foto inkjet lainnya. Perbedaannya adalah kertas ini memiliki lapisan resin, sehingga feelnya mirip sekali dengan kertas foto hasil dari lab foto karena sama-sama juga memiliki lapisan resin. Yang berbeda tentunya adalah proses cetaknya. Jika kertas dari lab foto bereaksi terhadap cahaya, kertas Professional Glossy Photo Paper Resin Coated ini prosesnya cetak menggunakan printer inkjet.

Kemudian kertas ini juga dapat dicetak dengan tinta dye, tinta pigment, & tinta art paper. Jadi pilihan tinta cetaknya sangat luas. Sedangkan kertas foto biasa hanya dapat dicetak menggunakan tinta dye saja. Jika kertas foto inkjet biasa dicetak menggunakan tinta pigment atau tinta art paper, tintanya tidak dapat melekat dengan sempurna dan kemudian mudah sekali tergores. Sedangkan pada kertas Professional Glossy Photo Paper Resin Coated ini tinta pigment & artpaper dapat melekat dengan sempurna sehingga tidak dapat tergores. Keunggulan dari tinta pigment & art paper tentunya memiliki ketahanan terhadap UV yang sangat luar biasa sehingga foto yang dicetak menggunakan jenis tinta ini dapat bertahan hingga bertahun-tahun bahkan puluhan tahun.

Untuk hasil cetaknya dari segi warna sangat akurat. Kertas ini memiliki putih yang netral, sehingga hasil cetaknya memberikan color tone yang akurat. Tidak berubah menjadi lebih warm ataupun cool. Untuk sharpness juga sangat baik saat digunakan bersama tinta dye, tinta pigment, & tinta art paper. Keunggulan lain dari kertas ini yang pasti disukai para professional tentunya kertas ini benar-benar waterproof. Lapisan resin pada bagian cetak & sisi belakang kertas membuat foto yang dicetak benar-benar aman dari air.

Kertas foto ini selain glossy juga tersedia versi yang bertekstur dengan 3 pilihan tekstur yang berbeda untuk memberikan mood yang berbeda. Untuk versi tekstur Indo Gadget masih belum membelinya. Tentunya setelah Indo Gadget memiliki versi tekstur pasti akan kami berikan review juga mengenai kualitasnya.

No comments:

Post a Comment