20180827

Professional Silk Photo Paper, The Best Photo Paper Ever


Oke karena sebelumnya indo gadget mencoba yang versi glossy sangat puas dengan kualitasnya, langsung saja membeli lagi yang  versi Professional Silk Photo Paper Resin Coated. Versi silk ini artinya kertas foto ini memiliki tektur, ada tiga pilihan tekstur yaitu canvas, satin, & pearl. Indo Gadget membeli yang tekstur Canvas. Canvas tekstur ini berarti permukaan kertas foto seperti canvas lukisan. Hasil foto langsung benar-benar memiliki mood yang berbeda dengan saat menggunakan kertas foto glossy.


Dengan tekstur Canvas ini foto menjadi tampil elegan & memiliki kesan seperti lukisan. Kertas ini cocok untuk berbagai macam foto seperti portrait, foto keluarga, street fotografi, still life, & landscape. Namun memang paling istimewa jika untuk foto portrait, terutama jika backgroundnya mendukung bisa seperti lukisan portrait dari jaman renaisance. Kesan mewah & elegan sangat kental dari hasil kertas foto ini.

Kertas foto ini karena memiliki lapisan resin pada permukaan cetak & belakangnya sehingga memiliki keunggulan yang sangat berbeda dengan kertas foto inkjet lainnya. Keunggulan pertama tentunya memiliki "feel" seperti kertas foto dari hasil lab foto dan ini sangat didambakan oleh professional fotografer. Feel seperti ini tidak dapat dirasakan dari kertas foto inkjet lain. Kedua lapisan ini menjadikan kertas ini waterproof, jadi jika di terkena air tinggal dilap saja dan foto tidak rusak. Kertas foto inkjet lainnya itu masih water resistant, yang artinya jika sisi cetak yang terkena air tidak akan luntur, namun jika sisi belakangnya yang terkena air maka struktur kertas akan rusak dan kertas menjadi bergelombang. Sedangkan waterproof seperti pada kertas Professional Silk Photo Paper Resin Coated ini adalah meski terkena air bagian cetak & belakangnya selain hasil cetak tidak luntur, struktur kertas juga tidak berubah sehingga tetap lurus.

Keunggulan ketiga menurut indo gadget yang paling penting untuk kebutuhan professional yaitu dapat dicetak dengan berbagai macam tinta yaitu tinta dye, tinta pigment, & tinta art paper. Kertas foto inkjet lainnya tidak dapat dicetak dengan tinta pigment, hasil cetaknya dapat mudah tergores & terkelupas. Padahal tinta pigment ini sangat penting karena dapat memberikan hasil cetak yang tahan super lama hingga bertahun-tahun. Sedangkan tinta dye tidak memiliki ketahanan hasil cetak seperti itu.

Kertas Professional Silk Photo Paper ini sangat pas jika ingin memberikan mood yang berbeda kedalam foto dengan kualitas cetak seperti foto yang dicetak pada photo lab fuji & kodak jaman keemasan fotografi analog dulu.

No comments:

Post a Comment