20180930

3 Rear Cam, Akankah Booming


Trend Dual Camera pada smartphone terus menaik sejak iPhone 7+, meski sebenarnya dual camera setup itu sudah ada sejak lama. Namun tidak menjadi trend hingga iPhone 7+ keluar. Dan saat ini hampir semua brand smartphone mengeluarkan dual camera setup mulai dari entry level hingga flagship. Berdasarkan rumor yang ada di oktober nanti setidaknya akan ada 2 smartphone yang rilis dengan triple camera setup, keduanya dari LG & Huawei. Dan triple camera setup yang muncul nanti berbeda dengan Huawei P20 Pro.




Pada P20 Pro sebagai triple camera setup menggunakan konfigurasi normal lens, tele lens, & monochrome cam. Pada smartphone yang akan keluar nanti itu konfigurasinya berbeda yaitu ultra wide lens, normal lens, & tele lens. Jika pada konfigurasi P20 Pro itu bertujuan untuk meningkatkan kualitas foto pada area high light & shadow melalui penggabungan image dari normal lens & monochrome cam. Dengan tujuan untuk mendapatkan foto dengan detail yang baik pada semua eksposure.

Konfigurasi baru ini berbeda. Dengan ultra wide, normal, & tele lens, user justru diberi kebebasan dalam berkreasi & bereksperimen dengan focal length yang berbeda. Salah satu keunggulannya adalah mampu untuk zoom in & zoom out. Keunggulan lain adalah mampu mengambil foto yang sebelumnya sulit untuk diambil karena keterbatasan smartphone, misalkan berada di ruangan sempit & tidak dapat lebih mundur lagi untuk mengambil foto sesuai yang diinginkan dengan berpindah ke ultra wide lens maka dapat mengcover area yang lebih luas. Demikian dengan tele lens, dapat mengambil gambar dari objek yang lebih jauh dengan detail yang lebih baik daripada dengan digital zoom.

Nah fitur triple camera setup ini tampaknya sangat berguna namun apakah dapat booming? mengingat dulu dual camera setuppun yang mengawali adalah LG & Huawei namun baru booming setelah digunakan oleh iPhone. 

No comments:

Post a Comment