20180925

iPhone XS Max Memiliki Masalah


iPhone selalu memiliki hardware dengan build quality yang baik, namun bukan berarti bebas masalah. Setiap iterasi iPhone selalu memiliki masalahnya sendiri, meski masalah tersebut tidak berlaku terhadap semua produk dari iterasi yang sama namun beberapa user memiliki masalah yang sama. Masih jelas saat 2010 lalu iPhone 4 keluar, sebagian pengguna mengalami masalah antena & sebagian besar tidak mengalami permasalahan dengan antena mereka. Kemudian pernah juga terjadi masalah dengan beberapa body yang mudah tertekuk.



iPhone XS Max kali inipun tidak terlepas dari masalah seperti ini. Sejumlah iPhone XS Max mengalami masalah dengan charging. Jadi jika iPhone dalam kondisi standby alias sleep ditancapkan pada charger, sebagian iPhone XS Max ini tidak akan otomatis charging jika iPhone tersebut tidak dikeluarkan dari mode standby terlebih dahulu. Permasalahan ini sangat serius, terutama jika mencharge iPhone dan kemudian ditinggalkan untuk aktifitas lain, ternyata saat kembali kondisi baterai iPhone tersebut belum terisi.

Masalah serius ini tidak terjadi pada semua iPhone XS Max, hanya pada sebagian pengguna saja yang mengalami hal ini. Beberapa user sudah memastikan bahwa charger & kabel mereka tidak bermasalah dengan mencobanya pada iPhone lain.  Namun untuk iPhone XS Max yang mereka miliki masalah ini terus terjadi.

Belum ada kejelasan apakah ini terkait masalah hardware ataukah software. Bisa jadi ini adalah masalah software yang kurang kompatibel dengan sejumlah hardware tertentu. Semua komponen iPhone adalah outsource yang artinya dikerjakan oleh beberbagai pabrik hardware. Kadang sebuah komponen dikerjakan oleh beberapa pabrik berbeda. Mungkin saja iPhone XS Max yang bermasalah ini, power boardnya dikerjakan oleh pabrikan yang berbeda & ada yang sedikit berbeda secara specs, sehingga dalam firmwarenya harus ada yang sedikit berbeda. Jika ini adalah permasalahannya, semua dapat diselesaikan melalui software update & Apple terkenal cukup rajin untuk bug fix melalui software update.

Permasalahan serius jika masalahnya adalah hardware defect yang bisa berakhir dengan recall. Kita belum tahu penyebab dari permasalahan sebagian iPhone XS Max yang tidak dapat charging dengan normal ini. Kita masih harus menunggu kepastian dari langkah Apple selanjutnya. Jika dalam waktu dekat ini muncul software update & masalah selesai bisa jadi ini hanya masalah software saja. Namun jika berakhir dengan product recall tentu akan memberikan imbas yang sangat buruk bagi Apple.

No comments:

Post a Comment