20180917

iPhone XS VS Note 9 My Opinion


Hottest phone saat ini tentu saja iPhone XS, XS Max & Galaxy Note 9. Keduanya merupakan latest flagship dari dua pabrikan smartphone terbesar saat ini, yang satu mewakili iOs dan yang satunya lagi mewakili Android. Dan keduanya untuk generasi 2018 ini sama-sama hanya berupa peningkatan saja dari generasi sebelumnya. Keduanya sama-sama tidak menawarkan fitur baru yang wow, dan tampaknya memang saat ini kita sudah melewati fase dimana pengembangan smartphone yang sangat cepat seperti pada beberapa tahun ini. Di 2018 ini tampaknya teknologinya sudah semakin matang sehingga dari segi inovasi yang revolusioner juga menjadi sangat lambat.


Nah pertanyaannya tentu saja, manakah dari kedua smartphone ini yang benar-benar worth it? Jujur baru pada generasi ini Indo Gadget menganggap galaxy Note lebih menarik daripada iPhone. iPhone selama ini selalu menawarkan performance yang stabil baik dari segi OS maupun Hardware, generasi terbaru ini pun tetap demikian. Namun faktor kamera peningkatan sangat kurang jika dibandingkan dengan flagship android. Bahkan sejak 2016 low light performance kamera iPhone mulai kalah dibandingkan dengan flagship android. Pada generasi inipun demikian kamera dari iPhone XS & XS Max untuk performance pada saat low light kalah jauh dibandingkan dengan Galaxy Note 9 & juga Huawei P20 Pro.  Bagi beberapa orang tentu saja faktor kamera ini sangat penting, karena kamera yang sering & selalu kita bawah tentu saja kamera hp. Untuk kondisi ideal light memang hasil iPhone XS dengan Note 9 sulit dikatakan mana yang lebih baik. Namun saat sudah mulai memasuki kondisi low light sangat jelas perbedaan & siapakah pemenangnya, dan itu bukanlah iPhone.

Dari segi performance tentu saja iPhone generasi terbaru ini masih lebih baik, namun tidaklah terlalu terasa perbedaanya untuk penggunaan harian. Note 9 untuk penggunaan harian juga sangat kencang. Menangnya Note 9 adalah karena S-Pen yang sudah semakin matang dari setiap generasi dengan latency yang semakin kecil, yang artinya semakin tidak terasa lagging saat menggunakan S-Pen. S-Pen pada Note 9 ini juga memiliki fungsi tambahan berkat adanya penyematan blutooth kedalamnya. Sehingga berpengaruh sangat jauh dalam user experience, terutama bagi user bisnis yang sering mencoret-coret spreadsheet, kemudian menanda tangani dokumen digital, dll. Sementara layar iPhone meski memiliki sensor untuk menentukan tekanan namun tidak terlalu berguna untuk apps harian.


Kemudian battery perfomance sekali lagi iPhone kalah dari Note 9 yang menggunakan high capacity battery. Dan iPhone memang untuk beberapa generasi terakhir ini memang keteteran dari segi battery life. XS & XS Max memiliki battery life yang lebih baik daripada X, namun jika membandingkannya Note 9 tentu terasa sangat jauh. Battery life yang terbaik dari iPhone generasi terbaru justru bukan pada seri flagshipnya namun pada iPhone XR yang merupakan versi murah dari XS.

Menurut kami di Indo Gadget, Note 9 lebih worth it dibandingkan iPhone generasi terbaru.

No comments:

Post a Comment