20180913

New iPhone XS, XS Max, & XR


Oke setiap september adalah iPhone time. Karena pada bulan ini adalah waktu untuk peluncuran iPhone baru. Dan pada tahun ini tidak seasyik tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun-tahun sebelumnya peluncuran iPhone selalu dimunculkan fitur-fitur yang beberapa baru, beberapa inovasi, & beberapa bisa dibilang refinement dari fitur-fitur yang sudah ada sebelumnya. Pada iPhone generasi ini bisa dibilang tidak ada yang fresh. Semuanya hanya berupa refinement dari yang sudah ada pada iPhone generasi sebelumnya. 



Jika iPhone pertama begitu revolusioner dan merubah bentuk smartphone hingga sekarang. Kemudian iOs 7 merubah tampilan iOs secara keseluruhan. iPhone 5S mengawali 64 bit mobile computing & fingerprint scanner. Kemudian iPhone X mengawali trend notch dan juga refinement dari pengenalan wajah pada smartphone dengan ir & true depth camera. Pada generasi 2018 ini tidak ada hal baru yang menarik.

Pada generasi ini yang dilakukan apple adalah meningkatkan fitur-fitur yang sudah ada sebelumnya. Sama seperti yang dilakukan oleh samsung pada tahun 2018. Tampaknya teknologi Smartphone sudah memulai memasuki titik stagnant dimana masih belum ada teknologi baru yang dapat disematkan. Dan mulai memasuki fase untuk refinement alias meningkatkan performance dari fitur-fitur yang ada saat ini. Ya memang bisa dikatakan sejak 2011 hingga 2016 perkembangan teknologi smartphone sangatlah pesat & cepat. Bahkan bisa dibilang terlalu cepat. Pada tahun 2017 mulai menunjukkan trend melambat dan saat ini seakan berjalan di tempat. Meski bisa dibilang sebenarnya refinement yang dilakukan cukup besar. Namun bagi konsumen seakan tidak ada hal baru.

Oke kembali ke 3 varian iPhone baru. Ketiganya secara procesor mengusung procesor yang sama yaitu A12. Jadi untuk urusan SOC ketiganya sama persis. Yang membedakan adalah XR yang merupakan varian murah adalah dari segi layar menggunakan LCD, single rear camer dan ram 3GB. Sedangkan XS & XS Max menggunakan layar amoled & untuk XS Max menggunakan ram 4GB. Sedangkan XS belum diketahui berapakah Ram yang disematkan oleh apple. Karena ketiganya menggunakan A12 yang sama, performance diantara ketiganya tidaklah terlalu berbeda. Varian warna XR juga lebih colorful.

Jika hanya menginginkan performance iPhone dengan chipset terbaru A12, XR bisa jadi adalah pilihan yang patut dilirik. Dengan selisih harga mencapai $249 tentunya cukup menggiurkan untuk lebih memilih XR. Kecuali dual camera setup & layar amoled dianggap lebih penting tentu XS & XS Max yang lebih mahal dapat menjadi pertimbangan.

No comments:

Post a Comment