20180927

Review : Professional Silk Photo Paper Resin Coated - Satin Texture


Pada artikel sebelumnya Indo Gadget mengulas mengenai Pearl Texture & Canvas Texture. Pada kali ini adalah mengenai Satin Texture. Kertas ini untuk hasil cetaknya memiliki kualitas yang tidak diragukan lagi, sangat superior dibandingkan dengan kertas foto inkjet lainnya. Serta memiliki kompabilitas dengan berbagai jenis tinta untuk inkjet printer seperti tinta dye, tinta pigment, & tinta art paper. Kertas foto inkjet lainnya hanya kompatibel dengan tinta dye saja & kerap bermasalah dengan tinta pigment yaitu mudah terkelupas. Professional Silk Photo Paper ini tidak memiliki masalah apapun dengan tinta pigment dan itu sangat bagus karena hasil cetak tinta pigment lebih tahan lama dibandingkan tinta dye. Untuk saat ini kertas foto ini menjadi favorit Indo Gadget.

Satin texture ini berbeda dengan pearl & canvas. Jika Canvas memiliki motif seperti kain kanvas sehingga hasil foto memiliki impresi seperti lukisan. Sedangkan pearl memiliki tekstur doff halus dan efek warna seperti mutiara yang membuat foto tampil mewah. Satin tekstur memiliki tekstur doff yang lebih kasar atau istilahnya matte seperti permukaan kain satin.
Karena permukaan yang berbeda ini tentu pengunaan Satin Texture berbeda dengan kedua tekstur yang lain. Jika Canvas untuk membuat foto tampak seperti lukisan, sedangkan pearl untuk menonjolkan foto dengan eksposure yang baik. Satin teksture ini justru sangat membantu untuk membuat foto dengan eksposure yang kurang cahaya untuk tampil bagus. Jadi kertas ini cocok untuk foto-foto yang diambil pada kondisi low light, misalkan foto pre wedding yang diambil malam hari. Foto low light selalu memiliki masalah dengan low light sehingga timbul noise, focus yang kurang sharp, dan berbagai problem klasik fotografi lainnya. Dengan tekstur yang matte segala artifact yang muncul akibat low light akan dapat tersembunyikan dan membuat foto low light tampak lebih bagus.

Fungsi lainnya adalah kertas ini dapat digunakan untuk mencetak foto ukuran besar dari kamera bersensor kecil seperti smartphone, atau pocket kamera dengan hasil yang tampak bagus.

No comments:

Post a Comment