20181029

Game Memorable Hadir Kembali di Era Mobile


Bagi gamer lama tentu tidak ada yang tidak kenal dengan Ragnarok Online. Game MMORPG ini sangat terkenal pada era 2000. Hampir semua kalangan memainkan game MMORPG yang sangat populer pada waktu itu. Setidaknya game ini sangat sukses di Asia Timur & Tenggara, termasuk Indonesia. Akibat dari game Ragnarok Online ini & sejumlah games lainnya seperti Counter Strike, war craft dengan map DotA, kemudian Gunbound membuat warnet multiplayer menjamur di banyak kota besar di Indonesia. terutama di kawasan sekitar kampus dan sekolah menengah (SMP & SMA). 




Games Ragnarok tersebut dulu sangat populer karena memiliki grafis yang lucu serta dapat dimainkan bersama-sama dengan teman, bisa saling GB, kemudian juga dapat membuat guild serta mengikuti guild war yang lebih dikenal sebagai War of Emperium, & yang paling disukai adalah sistem job di RO pada waktu itu sangat berimbang. Setiap job sangat berimbang dan memiliki fungsi yang jelas saat hunt bersama. Misalkan Knight & Paladin dapat menjadi tanker, kemudian Priest menjadi support/healer, Assasins & hunter sebagai damage hitter, & Wizard sebagai pembuat damage AOE, bahkan ada jobs blacksmith yang selain dapat digunakan untuk berjualan juga dapat untuk menempah senjata & dengan build khusus serta skill khusus juga dapat menjadi battle smith yang efektif dalam hunt grup sebagai damage hitter. Sistem Job ini salah satu alasan game RO dulu sangat populer dan memorable.

Meski akhirnya popularitas game ini menurut karena sistem pay to play serta bot illegal yang sangat mengganggu keseimbangan game. Namun Ragnarok Online tetap dicintai oleh pemain & mantan pemain yang kemudian memutuskan pensiun dari game ini karena alasan illegal bot yang sangat mengganggu.

Setelah popularitasnya yang terus menurun, Ragnarok Online pernah mencoba kembali dengan ragnarok 2 yang gagal total. Kemudian Server Ragnarok Online Klasik tetap beroperasi hingga meski sudah tidak lagi ramai, bahkan setelah menggandeng ISP tertentu yang memberikan bonus EXP & Drop Rate jika menggunakan ISP tersebut. Serta beberapa private server membuat game klasik ini tetap berjalan hingga sekarang. Namun banyak pemain lama yang hanya sebentar saja kembali baik ke server resmi maupun private server hanya sekedar bernostalgia sebentar.


Di dunia mobile game, ragnarok online telah mencoba beberapa kali membuat game spin off dari ragnarok untuk mobile. Namun tidak ada yang berhasil. Setidaknya hingga saat ini akhirnya ada penerus Ragnarok Online di Mobile yang berhasil. Yaitu Ragnarok Mobile Eternal Love. Game ini merupakan penyederhanaan dari game Ragnarok Online Klasik sehingga lebih nyaman dimainkan di touch screen. Sistem Jobs secara garis besar mempertahankan dari ragnarok online klasik, mulai dari stat hingga skill dapat dikatakan 90% mirip dengan RO Klasik.

Tampilan grafis dari Ragnarok Mobile ini meski telah dimodernkan dengan grafis yang lebih baik namun tidak terkesan berbeda dengan RO Klasik. Hanya terkesan lebih high res dan lebih halus. Untuk BGM masih menggunakan sebagian besar BGM dari RO Klasik. Tentu saja ini penting karena unsur paling utama dari game ini yang ingin dijual adalah nilai nostagianya namun tetap menarik bagi generasi gamer baru yang sebelumnya tidak pernah memainkan RO Klasik.

Yang berbeda dengan RO Klasik yang dulu adalah pada Ragnarok mobile ini terdapat quest yang dapat membantu sekali untuk naik level serta membuka berbagai adventure skill. Jadi ada penambahan hal-hal baru agar dapat sesuai dengan trend game mobile saat ini yaitu achievement melalui quest. Kemudian untuk memudahkan player bermain di touch screen, Ragnarok M ini sudah menyertakan limited legal Bot. Jadi kita dapat mengatur agar karakter kita menyerang monster tertentu secara otomatis dengan sejumlah set skill yang dapat diatur sebelumnya.

Saat menggunakan auto hunt ini tidak dapat menggunakan auto potion, namun sebagai gantinya ada sistem food yang dapat memberikan sejumlah HP & SP saat karakter kita menerima damage tertentu dan SP telah turun hingga dibawah 30%. Sistem Food ini juga dapat menjadi buff karakter juga karena tersedia makanan tertentu yang dapat menambah stat tertentu dalam durasi 30 menit. Kemudian juga kita dapat menyewa cat merchenary yang dapat membantu saat hunt.

Jadi meski ini adalah game nostalgia, namun tetap fun untuk dimainkan karena banyak hal baru yang ditambahkan.

No comments:

Post a Comment