20181018

Huawei Mate 20 Pro, Triple Camera Setup Idaman


Pada bulan Oktober ini setidaknya ada 2 line up smartphone yang menggunakan triple camera setup. Di awal bulan ada LG V40 Thinq yang mengecewakan karena hasil kameranya yang biasa saja untuk ukuran smartphone flagship. Di pertengahan Oktober ini kembali hadir smartphone dengan triple camera setup yaitu dari huawei. Huawei bisa dikatakan yang pertama mengawali trends triple camera setup seperti ini. Huawei adalah yang pertama menggunakan triple camera pada P20 Pro. Namun setup pada Mate 20 Pro ini berbeda dengan P20 Pro, pada P20 Pro ketiga kameranya adalah 1 normal lens, 1 tele lens dan 1 monocrom sensor. Di Mate 20 Pro ini sensor monocrom sudah hilang, sehingga konfigurasinya menjadi 1 normal lens, 1 ultra wide lens, & 1 tele lens.


Berbeda dengan V40 Thinq yang keluar lebih dahulu dengan hasil foto yang biasa saja, tidak jelek namun tidaklah istimewa. Mate 20 Pro ini memiliki hasil yang lebih pantas disebut sebagai hasil foto dari kamera flagship. Meski Mate 20 sama-sama memiliki triple camera seperti Mate 20 Pro, namun hardware untuk normal lens yang digunakan diantara keduanya berbeda sehingga hasilnya tentu saja sangatlah berbeda.

Mate 20 Pro menggunakan 40MP F/1,8 standard lens, 20MP f/2.2 ultra wide lens, 8MP f/2,4 OIS tele lens. Pada Mate 20 biasa normal lens menggunakan 12MP f/1,8, ultra wide menggunakan 16MP f/2.2, & untuk tele sama persis yaitu 8MP f/2,4 OIS. Jadi secara image quality sangatlah berbeda antara versi mate 20 biasa dengan mate 20 pro. 

Untuk persamaan antara versi biasa dengan versi Pro selain sama-sama triple camera setup pada kamera belakang adalah keduanya menggunakan dapur pacu yang sama yaitu SOC Kirin 980 yang sudah menggunakan sistem produksi 7nm yang lebih efisien daripada chipset lain yang masih menggunakan 10nm. Dengan SOC ini tentu memberikan performa khas flagship yang setara dengan flagship lainnya seperti devices yang menggunakan snapdragon 845. Untuk penggunaan sehari-hari tidaklah terlalu terasa perbedaan antara devices ini.

Sedangkan untuk perbedaan antara Mate 20 & Mate 20 Pro sangatlah banyak. Mulai dari layar Mate 20 Pro menggunakan layar yang lebih baik dan resolusi lebih tinggi. Baterai juga memiliki kapasitas yang lebih besar pada Mate 20 Pro. Versi Pro juga sudah menggunakan charger yang lebih cepat, sedangkan mate 20 masih menggunakan teknologi seperti pada mate 10. Dari segi wireless charging keduanya sudah support wireless charging, namun versi pro memiliki fitur unik yaitu dapat menjadi wireless charger. Perbedaan berikutnya adalah versi pro sudah waterproof, sedangkan mate 20 biasa masih belum waterproof.

Perbedaan diatas tentu lebih banyak membuat orang lebih condong ke versi pro yang memang lebih superior. Namun setidaknya bagi sebagian orang versi mate 20 memiliki perbedaan yang menurut mereka lebih menarik. Bagi yang suka mendengarkan musik menggunakan earphone berkabel, pada Mate 20 masih tersedia jack 3,5mm. Pada versi pro jack ini sudah dihilangkan, jadi untuk mendengarkan musing dengan earphone harus menggunakan dongle atau bluetooth. 


No comments:

Post a Comment