20181115

DJI Osmo Pocket VS GoPro Hero 7


Gopro Hero 7 & DJI Osmo Pocket meski keduanya sebenarnya adalah jenis kamera yang berbeda. Namun karena harga keduanya hampir sama serta target pasarnyapun dapat dikatakan mirip. Tentu saja tidak ada salahnya untuk membandingkan keduanya. DJI Osmo Pocket merupakan kamera dengan mechanical gimbal, sedangkan Gopro hero 7 adalah action camera. Jadi secara fungsi keduanya bisa menjadi mirip namun juga tetap berbeda.







Pertama karena Gopro Hero 7 adalah action camera tentu sudah waterproof & weatherproof. Sedangkan DJI Osmo Pocket belum waterproof. Meski DJI Osmo Pocket tersedia optional untuk waterproof case, namun ini haruslah dibeli secara terpisah. Kemudian dari segi asesories antara keduanya memiliki purpose yang berbeda. Asesories GoPro Hero 7 lebih untuk memudahkan mounting kamera tersebut saat digunakan untuk action seperti biking, skating, hiking, diving, dll. Sedangkan asesories dari DJI Osmo Mobile lebih kearah untuk videography, seperti control wheel, wireless connection hub, mounting hub, waterproof case, dll. Selama untuk merekam aksi di darat sebenarnya kedua kamera ini dapat digunakan, baik DJI Osmo Pocket maupun Gopro Hero 7, yang berbeda adalah saat di dalam air saja. Yang berbeda lagi dari keduanya adalah saat merekam foto maupun video aksi adalah Gopro Hero 7 tentu lebih tahan banting DJI Osmo Pocket.

Untuk hasil video keduanya mampu menghasilkan video action yang smooth. Namun tentu saja hasilnya sangat berbeda di antara keduanya. Sebab Gopro Hero 7 hanya mengunakan electronic image stabilization yang oleh gopro disebut dengan hypersmooth. Hasilnya memang smooth bahkan yang terbaik dari action cam dengan EIS yang ada saat ini, namun tentu tidak dapat dibandingkan dengan hasil stabilization dari mechanical gimbal. Hasil dari mechanical gimbal seperti dari DJI Osmo Pocket ini sangat superior. Permasalahan dari penggunaan EIS itu terletak pada footage yang mengalami resize dan cropping agar dapat menghasilkan video yang stabil. Hasilnya tentu tidak sebagus OIS & Mechanical Gimbal. Kemudian pada kondisi low light EIS justru akan memberikan hasil yang aneh.

Untuk hasil video diantara keduanya juga sangat berbeda dari segi angle of view (AOV). Gopro Hero 7 seperti halnya action cam lainnya memiliki sudut pandang ultra wide sehingga memiliki efek melengkung hampir seperti fish eye. Sedangkan sudut pandang pada DJI Osmo sekitar 80ยบ sehingga tidak terlalu luas namun tidak terlalu sempit, seperti normal view pada hasil video smartphone.

Keduanya tentu memberikan hasil yang sama-sama superior untuk saat ini dengan kemampuan 4K video. Untuk stabilization tentu DJI Osmo Pocket lebih bagus karena mechanical gimbal. Namun hasil dari Gopro Hero 7 juga bagus meski menggunakan EIS. Selanjutnya tergantung style video kita lebih suka normal view atau ultra wide view.

No comments:

Post a Comment