20181112

DJI Osmo Pocket


Jika beberapa tahun ini 3 axis gimbal untuk smartphone lebih menarik perhatian konsumen. Namun pasar untuk 3 Axis Gimbal Camera seperti untuk DJI Osmo yang merupakan salah satu pioner dalam membawa teknologi 3 axis gimbal kepada konsumen non professional videografer. Jika DJI Osmo dipandang terlalu besar saat dipakai untuk travelling dan dianggap kurang praktis karena tetap harus membawa smartphone. Sementara smartphone saat ini juga mampu menghasilkan gambar hampir sebagus zenmuse kamera yang terpasang pada DJI Osmo. Membuat orang lebih memilih membawa smartphone dan 3 axis gimbal mobile. Namun bisa jadi anggapan ini akan berubah karena DJI Osmo Pocket yang berukuran sangat kecil  & ringan.



DJI Osmo Pocket ini memiliki ukuran yang sangat compact dengan hasil video yang setara dengan Zenmuse yang digunakan di DJI Osmo +. Jadi soal gambar tentu sangat special untuk kelas konsumer. Dan secara ukuran sensor juga lebih besar daripada sensor yang digunakan di kamera utama smartphone saat ini. Jadi karena ukuran sensor yang lebih besar tentu depth gambar, detail warna, & kemampuan low light juga tentu lebih bagus daripada sensor yang ada pada smartphone flagship saat ini.

Mechanical gimbal seperti yang digunakan pada dji osmo ini tentu lebih superior dibandingkan dengan EIS dan OIS seperti yang ada pada smartphone dan action cam seperti gopro hero7 dengan hypersmoothnya. Perbandingan dengan hypersmooth Gopro Hero 7 tentu saja dalam artikel yang berbeda. Kamera yang digunakan pada DJI Osmo Pocket ini adalah kamera yang sama dengan yang ada pada DJI Mavic Air namun dengan aperture yang lebih besar daripada yang digunakan pada mavic air, yaitu f/2. Dengan ukuran sensor dan aperture yang lumayan besar, DJI Osmo Pocket ini tentunya secara teoritis akan memiliki hasil yang cukup bagus untuk low light video.

Hasil dari dji osmo pocket ini sangat smooth. Tidak disangka dengan ukurannya yang sekecil ini mampu memberikan hasil stabilisasi yang bagus. Motor pada ketiga axis cukup responsif untuk memberikan kompensasi gerakan yang ditimbulkan dari getaran. Hanya untuk panning terasa kurang smooth karena seakan langsung berhenti mendadak. Jika mampu melambat sedikit sebelum berhenti tentu lebih smooth.  

keunggulan utama dari DJI Osmo Pocket ini selain ukuran yang ringkas dan berat yang ringan adalah tersedia slot untuk optional part. Seperti untuk koneksi ke Smartphone, atau untuk wheels. Dengan ini membuat DJI Osmo meski berukuran kecil dan seakan untuk kelas consumer, namun juga dapat untuk memenuhi kebutuhan professional videografer.

No comments:

Post a Comment