20181120

Gimmick Quadruple Camera Samsung A9


Samsung melalui A9 mengeklaim sebagai smartphone pertama yang menggunakan quadruple camera. Oke klaim ini memang benar. Kareanya memang Samsung A9 adalah smartphone pertama yang memiliki 4 kamera belakang. Namun benarkah ke-4 kamera belakang ini dapat digunakan oleh penggunanya???

Samsung A9 meski memiliki 4 kamera belakang, yang sebenarnya dapat digunakan oleh user hanya 3 kamera saja. Kamera ke-4 tidak dapat diakses oleh user, karena kamera ke-4 tersebut hanya digunakan untuk depth map saat digital bokeh. Jadi sebenarnya kamera belakang pada Samsung A9 ini dapat dikatakan seperti triple camera pada LG V40 Thinq & Huawei Mate 20 Pro. Bahkan alasan samsung untuk keberadaan kamera ke-4 ini sangat mengada-ada, yaitu karena kamera ultra wide & kamera tele tidak dapat digunakan untuk membuat depth map yang diperlukan untuk digital bokeh. Alasan ini jelas-jelas dibuat-buat oleh samsung. Selama ini kamera tele digunakan sebagai depth map information tidak pernah ada masalah, bahkan LG pada G7 dapat menggunakan hasil dari ultra wide kamera sebagai depth map.

Jadi keberadaan kamera ke-4 ini adalah murni gimmick yang dihadirkan samsung agar diatas kertas seakan memberikan nilai lebih bagi penggunanya. Meski pada kenyataan keberadaan kamera ke-4 tersebut tidak berguna. Fungsinya dapat digantikan oleh kamera tele seperti pada S9, Note 8, & Note 9. Dan hasil depth map yang dihasilkan oleh A9 ini juga tidak lebih baik dibandingkan dengan depth map yang dihasilkan oleh kamera tele pada smartphone lainnya.

Tetapi dengan gimmick ini tentu dapat menarik bagi pengguna awam yang tidak terlalu mengerti teknologi. Bahkan berkat ini, Samsung mampu menjual A9 yang merupakan devices dengan snapdragon 660 dapat dijual pada harga 8 jutaan. Padahal devices merk lain dengan SOC Snapdragon 660 hanya berkisar pada harga 3-4 jutaan saja. Kekuatan brand dan gimmick ini membuat smarphone ini mampu dijual dengan harga hampir 2 kali lipat dari kompetitor yang menggunakan SOC yang sama.  Menurut Indo Gadget dari segi value for money A9 ini termasuk tidak worth it & overprice

No comments:

Post a Comment