20181130

PS 5 Akan Hadir di 2019?


PS 4 yang telah hadir sejak akhir 2013, pada 2019 nanti akan memasuki usianya yang ke-6 tahun. Sebenarnya secara game yang ada saat ini masih sangat bagus untuk PS 4 dan secara hardware juga masih mumpuni terutama dengan adanya PS 4 Pro yang sudah siap untuk 4K. Namun jika kita melihat kebiasaan Sony untuk melakukan upgrade konsole mereka ini setiap 6-8 tahun. Bisa jadi PS 5 akan hadir pada akhir 2019 nanti dengan pengumuman specs dan fitur umumnya pada sekitar awal 2019. 



Meski sebenarnya PS 4 saat ini sebagai game konsole masih sangat mumpuni, mengeluarkan produk baru tentunya sangat penting bagi Sony untuk mempertahankan competition advantage dari Playstation. Terutama dari pesaing ketatnya XBox One milik microsoft dan Nintendo Switch. Mengingat saat ini Nintendo Switch dengan beberapa game eksklusifnya semakin mampu untuk merebut pasar. Langkah Sony untuk meluncurkan PS 5 pada akhir 2019 atau selambat-lambatnya pada awal 2020 adalah tidak terelakkan meski hardware mereka saat ini masih dapat dibilang bagus dan belum ketinggalan jaman.

Apa yang dapat kita harapkan dari PS 5 nanti? Yang pasti tentu saja integrasi yang lebih baik terhadap PS VR dan juga frame rate yang lebih tinggi, yaitu pada 4K dengan 240 FPS. Saat ini PS 4 Pro hanya mampu 4K dengan 30 FPS. Peningkatan frame rate yang lebih tinggi ini tentu sangat baik untuk bermain game first person shooter dan genre game dengan rapid grafik lainnya.

Dengan peningkatan grafik yang luar biasa tersebut tentu saja akan banyak yang berubah secara hardware. Terutama pada CPU & GPU kabarnya akan menggunakan AMD terbaru yang diciptakan khusus untuk PS 5 tersebut. Kemudian juga dari segi RAM akan menggunakan DDR yang lebih kencang. Dari segi storage juga akan menggunakan SSD yang lebih cepat daripada HDD konvensional. Dengan berpindah ke SSD tentu saja loading time yang menjadi masalah pada PS 4 akan berkurang drastis.

Bagi pemiliki PS 4 mungkin masih dapat menggunakannya hingga beberapa tahun lagi, karena Sony terkenal cukup lama mensupport konsole lama mereka setidaknya hingga 2-3 tahun setelah konsole generasi selanjutnya keluar. Sedangkan bagi pengguna PS 3, keluarnya PS 5 nanti dapat menjadi momen yang tepat untuk upgrade.

No comments:

Post a Comment