20181105

Samsung A7, Triple Camera Phone Samsung


Menyusul pesaingnya LG & Huawei yang telah mengusung triple kamera belakang. Samsung juga meluncurkan smartphone dengan triple kamera versi samsung. Namun berbeda dengan LG & Huawei yang mengeluarkan triple kamera untuk kelas flagship alias high end, Samsung meluncurkannya untuk kelas mid entrynya.


Selain kelas harga yang tentu berbeda dengan versi LG & huawei. Banyak hal yang sangat berbeda dengan triple camera dari LG V40 Thinq & Huawei Mate20 series. Jika triple kamera dari LG & Huawei memiliki focal lens yang berbeda mulai dari ultra wide, normal wide, & tele focus yang sekaligus berfungsi sebagai depth camera. Maka yang diusung oleh Samsung ini adalah ultra wide, normal wide, & depth information camera.

Depth information camera di A7 ini adalah kamera dengan view angle yang kurang lebih sama dengan normal wide kamera utama namun dengan ukuran resolusi yang lebih kecil. Hal ini karena depth information map memang tidak memerlukan resolusi yang besar. Yang penting dari kamera ini adalah parallax view untuk menghitung depth object. Yang kemudian diterapkan untuk membuat digital bokeh. Hal ini dilakukan oleh samsung karena untuk membuat depth map menggunakan data dari ultra wide camera sangatlah susah, meski entah bagaimana LG melalui G7 berhasil membuat digital bokeh menggunakan data dari ultra wide kamera. 

Jadi secara tidak langsung A7 ini sebenarnya adalah dual camera. Karena kamera ketiga yang merupakan depth information camera tidak dapat diakses oleh konsumen untuk secara khusus mengambil gambar dari kamera tersebut. Hal ini tentu berbeda dengan Huawei P20 yang dapat dikatakan sebagai triple kamera murni. P20 yang menggunakan camera monochrome pada salah satu dari ketiga kamera belakangnya sebagai data image untuk boosting image quality pada saat low light, kamera monochrome ini tetap dapat diakses oleh user untuk mengambil foto BW asli yang bukan hasil digital effect.

Untuk kualitas foto A7 ini tidak terlalu istimewa. Bahkan jika dibandingkan dengan sesama seri A dari samsung keluaran tahun sebelumnya, untuk kondisi tertentu masih lebih bagus hasil dari seri A yang lama. Salah satu kelemahan dari A7 2018 ini adalah dari segi WB yang masih sering salah dalam kondisi tertentu. Misalkan saat kita berada dalam ruangan dengan pencahayaan yang biru seperti di sea world aquarium, hasil dari A7 ini akan sangat meleset sehingga kulit kita tampak kehijauan. Masalah seperti ini memang adalah masalah software yang dapat dibenarkan dalam software update. Semoga saja masalah White balance yang sering sangat meleset dalam kondisi pencahayaan ekstrim ini diperhatikan oleh samsung dan dibenarkan dalam software update berikutnya.

No comments:

Post a Comment