20181125

Tips Menyembuhkan Hasil Printing Bergaris

Hasil cetak bergaris adalah sebuah hal yang sering muncul setelah printer digunakan beberapa tahun. Tentu saja hasil yang bergaris tersebut sangat mengganggu. Hal seperti tidak dapat dihindarkan saat usia printer semakin tua, bahkan dengan terus menggunakan tinta original hal ini dapat muncul setelah beberapa tahun. Seperti salah satu printer di redaksi Indo Gadget yang sejak awal selalu menggunakan tinta original. Setelah kurang lebih 3 tahun, dalam 2 bulan terakhir ini hasil cetaknya semakin bermasalah dan mulai muncul garis baik untuk cetak foto maupun teks dokumen. Dari hasil test print tampak memang tampak ada beberapa bagian yang tidak keluar tintanya. Bahkan setelah head clean beberapa kali hasil cetaknya tetap bergaris. Meski garis yang muncul tersebut belum parah, kami mengira ini adalah waktunya printer tersebut untuk dipensiunkan dan digantikan dengan printer baru. Ternyata dengan tips berikut, printer tersebut dapat kembali mencetak dengan baik dan dapat digunakan kembali.

Cara yang kami gunakan sangat sederhana, yaitu dengan mengganti tintanya ke tinta Revo Smart Ink dari SUN Indonesia. Awalnya kami karena merasa hasil cetak dari printer tersebut sudah tidak lagi prima, jadi tidak lagi perlu untuk terus menggunakan dengan tinta original. Dan beralih menggunakan tinta after market untuk printer yang sudah mulai bermasalah ini. Dan pemilihan Revo Smart Ink ini, berdasarkan dari pengalaman kami di printer lain milik Indo Gadget yang sudah 2 tahun menggunakan REVO Smart Ink adalah hasil cetaknya sangat bagus tidak pernah trouble. Ternyata setelah berganti dengan Revo Smart Ink tersebut, penyakit head print yang bergaris tersebut sembuh & printer dapat kembali mencetak dengan sempurna.

Kalian pasti penasaran bagaimana printer tersebut bisa sembuh setelah berganti ke Revo Smart Ink. Tampaknya kandungan dari tinta REVO ini lebih baik daripada tinta originalnya. Karena mampu membersihkan bagian head yang sudah tersumbat karena usia pakai. Jadi ini adalah hal baru bagi kami yang sudah lama menggunakan tinta REVO ini. Jadi tinta ini tidak hanya cerdas dan dapat digunakan untuk berbagai merk printer, namun juga kandungannya sangat bagus yang membuat printer awet.

Oke langsung saja ke langkah yang kami lakukan saat beralih dari tinta original ke tinta Revo di printer yang bergaris tersebut. Pertama yang perlu dilakukan adalah buang tinta lama dengan cara dikuras. Jika tidak dapat menguras sendiri kita dapat meminta bantuan teknisi untuk melakukannnya. Sebenarnya caranya tidak terlalu sulit namun tetap saja harus membongkar printer dan itu memang menakutkan bagi sebagian orang yang tidak mengerti tekniknya. Setelah ink tank, selang, & cartridge dikuras langkah selanjutnya adalah mengisi ink tank dengan tinta Revo hingga ke batas maksimal. Setelah tinta diisi dengan tinta Revo baru, maka printer perlu kembali melakukan sequen pengisian tinta yang memakan waktu kurang lebih 20 menit. Setelah proses tersebut selesai, yang perlu dilakukan adalah head clean dengan tujuan untuk membersihkan sisa tinta lama yang masih ada pada head print. Setelah semua proses ini, printer lama kami yang bergaris tersebut menjadi sembuh dan kembali dapat digunakan untuk mencetak dengan baik.

Jadi buat kawan yang memiliki printer yang mulai bergaris namun belum parah banget, cara kami diatas silahkan untuk dicoba. Dengan cara tersebut, printer yang hampir kami pensiunkan dapat kembali digunakan.

No comments:

Post a Comment