20181203

Canon Eos R, Full Frame Mirrorless Pertama dari Canon.

Canon yang merupakan salah satu dari leading brand dari Kamera mulai sejak masih menggunakan Film hingga Digital seperti sekarang ini. Selama ini Canon Camera terkenal untuk seri DSLR dan juga lensa EF & EF-s. Untuk mirrorless pada Eos M menang canon sedikit tertinggal dari kompetitor lainnya katakanlah Sony, Fuji, & Olympus. Selama ini mirrorless Canon dianggap oleh fotografer yang serius dengan fotografi (professional) maupun yang setengah serius (penghobby) kurang menarik untuk membuat mereka beralih dari DSLR yang bulky ke Eos M yang lebih ringkas. Bahkan pengguna dari 7D & 80D yang masih berada di APSC Sensorpun enggan untuk berpindah ke Eos M. Pertama karena meski Eos M menawarkan body yang ringkas dan ringan, namun secara kualitas masih belum mendekati kualitas dari DSLR Canon bahkan yang seri rebel sekalipun. Sehingga untuk kelas Eos M ini kurang memiliki daya tarik bagi fotografer. Sementara untuk awampun, masih banyak yang lebih memilih pocket camera dari Canon yang tergolong point and shoot camera.



Jadi permasalahan Eos M sementara ini adalah dianggap kurang pro oleh fotografer professional & penghobby, sedangkan dari pengguna umum dianggap tidak sepraktis seri point & shoot Canon. Seakan mirrorless canon selama ini berada dalam track yang tidak jelas. Masuk ke kelas prosummer dianggap kurang gahar, masuk ke kelas konsumer juga dianggap kurang easy to use. 

Dan diakhir 2018 ini, Canon mencoba untuk membuat track yang lebih jelas untuk produk kamera mirrorless mereka ini dengan membuat Seri baru yaitu EOS R. Dengan EOS R ini akhirnya Canon memiliki seri mirrorless dengan target yang jelas yaitu untuk professional yang ingin beralih dari DSLR ke Mirrorless. Dengan sensor full frame dan sejumlah pro feature lainnya.

Salah satu yang paling menarik dari EOS R ini adalah kemampuan untuk low light pada high iso seperti 12.800 lebih detail dan lebih minim noise dibandingkan dengan 5D Mark III. Karena sensor yang digunakan sama dengan yang digunakan pada 5D Mark IV. Dan itu tentunya sangat bagus bagi penggemar fotografi. 

Sedangkan bagi para Vlogger, EOS R ini juga menarik karena rear LCD-nya sudah full articulated. Yang artinya LCD dapat diputar keberbagai sudut yang memudahkan saat membuat video Vlogg. Kemudian bagi yang suka color grading footage video juga sudah tersedia Canon Color Log yang memudahkan untuk color grade saat post processing.

Sayangnya Eos R ini menggunakan lensa dengan mounting baru lagi yaitu mount RF. Sehingga jika ingin menggunakan lensa EF/EF-S tentu harus membeli adapter lens.  Dan karena ini mount baru tentu pilihan lensanya masih belum sebanyak seri EF & EF-s.

No comments:

Post a Comment