20181207

Google Camera Ported, Sesulit Mencari Jarum Di Tumpukan Jerami


Google Camera merupakan apps camera yang dikeluarkan oleh google sendiri. Sebelum Google mengeluarkan Google Pixel, Google Camera Apps ini dapat diinstal langsung dari Playstore. Sayangnya sejak 3 tahun lalu setelah google mengeluarkan pixel phone, apps ini menghilang dari Playstore dan menjadi eksklusif hanya untuk google pixel saja. Dan tidak lagi dapat digunakan untuk android lain tanpa modifikasi pada APK-nya.




Keunggulan utama dari Google Camera apps ini adalah HDR+ dan Lens Blur Effect yang dapat membuat digital effect pada semua jenis kamera smartphone. Fitur Lens Blur ini ada bahkan sebelum Apple mengeluarkan iPhone 7+. Berbeda dengan cara yang digunakan pada iPhone & dual camera android untuk membuat digital bokeh yang membutuhkan 2 kamera. Pada Google Camera dapat digunakan bahkan pada smartphone yang menggunakan single camera saja. Caranya dengan  memilih fitur lens blur dan kemudian setelah mengambil foto sedikit menaikkan posisi smartphone sehingga google camera apps dapat mengambil foto dari posisi yang sedikit berbeda untuk membuat depth map.

Selain dua fitur HDR+ dan Lens Blur, Google Camera juga memiliki banyak fitur yang menarik lainnya seperti untuk mengambil photo sphere. Sayangnya setelah apps ini dibuat hanya khusus untuk google pixel menjadikan akses ke apps ini untuk android devices lainnya menjadi sangat terbatas. 

Versi ported dari Google Camera ini memang sangat banyak di XDA Forum, namun untuk mencari yang benar-benar cocok untuk smartphone kita tidaklah mudah. Kadang ada beberapa fitur yang tidak bekerja terutama HDR+ dan lens blur. Kemudian bisa saja semua fitur tersebut bekerja, namun appsnya sering crash. Hal ini diperparah oleh fragmentasi dalam android devices. Sering kali manufaktur membuat sedikit perbedaan untuk devices seri yang sama namun dijual untuk region yang berbeda. Misalkan LG G7 untuk asia tenggara bisa berbeda dengan untuk region uni eropa. Jadi misalkan google camera ported apps ini bisa jadi lancar tanpa kendala di LG G7 versi eropa, namun ternyata ada fitur yang tidak jalan saat diinstall di versi asia tenggara.

Kendala di atas menjadikan mencari Google Camera Ported Apps sangatlah sulit. Jika anda sudah menemukan versi yang cocok, saran dari Indo Gadget jangan terburu-buru update ke versi yang lebih baru tanpa melakukan back up apk-nya terlebih dahulu. Sebab bisa jadi di versi yang lebih baru justru berkendala dan ada fitur yang tidak dapat berfungsi. Ingat versi ported adalah versi yang tidak official sehingga pasti selalu ada bug.

No comments:

Post a Comment