20181231

Prediksi Trends Smartphone di 2019

Tahun 2018 akan segera berakhir dan digantikan dengan tahun 2019. Setiap pergantian tahun tentu akan terjadi pergantian trends, termasuk juga di dunia gadget terutama smartphone. Seperti apakah trends di 2019?




Di tahun 2019 nanti untuk smartphone, tampilan depan dengan notch yang meniru iPhone akan tetap dilakukan oleh sebagian besar android mulai dari low entry hingga flagship. Sebab terbukti di 2018, tampilan ini love - hatenya sangat debatable. Banyak user yang suka, banyak pula yang menghujat, namun laris dipasaran. 

Tampilan back case yang gradasi beberapa warna dengan kesan metalic masih akan menjadi trend setidaknya hingga pertengahan 2019 nanti. Warna-warna seperti ini memang tampil eye catching. Memberikan kesan modern futuristik. Selain warna-warni gradasi metalic, faux carbon fiber tekstur juga akan menjadi trend terutama untuk smartphone gaming. 

Untuk ke kamera, trend di 2019 nanti adalah triple camera. Untuk flagship akan memiliki kamera seperti yang dimiliki LG V40 Thinq & Huawei Mate 20 Pro, yaitu ultra wide, Normal, & tele. Sedangkan untuk low hingga mid entry kemungkinan akan menggunakan konfigurasi seperti pada Samsung A7, yaitu ultra wide, normal, & depth map camera. Sebab trend kamera kedua akan bergeser dari tele ke ultra wide. Dan terbukti pada smartphone LG, kadang daripada zoom in (tele) lebih berguna untuk smartphone adalah zoom out (ultra wide). Dengan ultra wide akan dapat mengambil foto dengan angle of view yang lebih luas sehingga objek yang masuk dalam frame akan lebih banyak dan ini akan lebih berguna dalam grup foto, foto pemandangan, dll. Namun kamera ultra wide sulit digunakan sebagai tandem untuk depth map information karenanya untuk low - mid entry nantinya akan menggunakan seperti Samsung A7.

Konfigurasi quadruple kamera seperti pada samsung A9 akan flop dan tidak akan memiliki banyak penganut. Karena 3 kamera sudah lebih dari cukup seperti yang digunakan pada huawei Mate 20 Pro. Trend penggunaan sensor monocrom untuk memperbaiki detail pada low light seperti pada huawei P20 Pro juga akan berakhir.

No comments:

Post a Comment