20181211

Snapdragon 855, SOC Flagship Smartphone 2019


Beberapa hari lalu, Qualcomm baru saja mengumumkan SnapDragon 855 yang merupakan penerus Snapdragon 845. SD 855 ini merupakan soc qualcomm untuk smartphone berteknologi 5G yang akan rilis pada sejumlah flagship pada 2019. SOC baru ini tidak hanya sekedar lebih cepat dari pendahulunya. Akan banyak teknologi baru yang dibenamkan dalam SOC flagship ini.



Dengan rilisnya SD 855 pada sejumlah Smartphone papan atas di 2019 nanti akan menandakan mulainya jaringan 5G yang dapat dinikmati oleh publik. Sebelum ini karena tidak ada smartphone yang support 5G, jaringan 5G masih berupa uji coba oleh beberapa operator. Dengan adanya SOC yang sudah support 5G, dipastikan pada sejumlah negara maju maka 5G akan segera di implementasikan. Untuk menunjang 5G, SD 855 ini telah dilengkapi dengan fitur Multi-Gigabit Download. Dengan fitur baru ini akan sangat terasa perbedaan antara jaringan 4G dengan 5G.

Peningkatan selanjutnya adalah dari segi AI Machine Learning & prosesor khusus untuk AI Image processing. Sehingga intelligence camera akan bekerja 3 kali lebih baik daripada SD 845 yang saat ini menjadi dapur pacu sejumlah smartphone flagship. Selain itu untuk grafis gaming pun ada peningkatan yang cukup significant. Selain itu AR Engine juga ditingkatkan mengikuti jejak yang dilakukan oleh Apple yang meningkatkan AR Engine pada chipset untuk iOs devices. AR Engine sangatlah penting saat ini tidak hanya untuk gaming. Terbukti pada iPhone measures app sangatlah berguna untuk praktikal sehari-hari.

Untuk proses manufacturingnya SD855 ini sudah mengadopsi 7nm sehingga secara power consumption jauh lebih irit daripada SD845 yang masih menggunakan 10nm. Dan dengan 7nm ini selain lebih irit juga lebih kencang & efisien.

Untuk 2019 nanti tampaknya Xiaomi adalah manufacturer pertama yang merilis devices dengan SD 855, yaitu Mi 9 & Mi Mix 4 yang akan keluar pada Q1 2019 nanti.

No comments:

Post a Comment