20190125

Shot On iPhone???


Untuk chinese new year yang akan tiba sebentar lagi, Apple merilis sebuah iklan baru dengan yang masih dalam seri "Shot On iPhone". Namun beberapa footage dari iklan ini terlalu mencurigakan jika sepenuhnya diambil dengan menggunakan iPhone XS. Oke dalam credit title memang tertulis menggunakan tambahan hardware dan software. Dalam artian untuk post pro pasti menggunakan professional rig tidak sepenuh diedit menggunakan iPhone. Lalu bagaimana untuk footagenya apakah kita bisa yakin sepenuhnya diambil menggunakan iPhone.



Beberapa footage memiliki hasil dengan bokeh seperti pada screenshoot di bawah. Untuk teknologi saat ini tentu nyaris tidak mungkin untuk menghasilkan digital bokeh. Digital bokeh saat ini hanya mampu dihasilkan untuk still image itupun tidak mampu menghasilkan bokeh yang benar-benar tampak natural. Untuk saat ini digital bokeh masih memiliki cacat digital yang sangat kentara. Dan itu baru pada still image. Sedangkan pada screenshoot dibawah ini memiliki bokeh yang sangat natural. Seperti hasil footage yang diambil dengan shallow depth lens. Pertanyaannya adalah seberapa jauh additional hardware yang digunakan oleh Apple dalam membuat iklan ini?


Pada screenshoot diatas hanya dapat dihasilkan dengan menggunakan lensa khusus seperti pada DSLR dan Mirrorless. Pada footage ini apakah Apple curang dan menggunakan camera professional?  Menggunakan software digital? Ataukah apple menggunakan rig khusus untuk memasang lensa tambahan dari kamera DSLR ke iPhone? Kemungkinan pertama itu cukup ada dan bisa terjadi, beberapa brand smartphone telah tertangkap tangan menggunakan footage dari DSLR untuk promosi mereka. Namun kemungkinan ini tampaknya kecil untuk kasus ini. Kemungkinan kedua juga tidak mungkin untuk saat ini, komputasinya sangat berlebihan untuk melakukannya secara digital pada saat post pro. Kemungkinan ketiga adalah yang sangat mungkin dilakukan oleh Apple. Saat ini telah ada beberapa brand lens adapter untuk iPhone agar dapat menggunakan lensa professional. Bisa saja apple menggunakan salah satu brand tersebut atau justru membuat rig adapter versi mereka sendiri. Kemungkinan ini diperkuat dengan tampilan pada footage berbeda.

Lens Adapter

Pada screenshoot diatas memperkuat dugaan Indo Gadget bahwa iklan ini dibuat dengan menggunakan iPhone yang telah menggunakan add on lensa. Bagian tepi dari footage diatas tampak blur. Defect semacam ini sering terjadi jika kita menggunakan lens tambahan pada smartphone. Defect ini muncul akibat alignment lens tambahan kurang sempurna dengan kamera iPhone. Akibatnya tentu saja sharpness hanya dapat dicapai pada bagian tengah saja. Pada beberapa footage lainnya tampaknya ada beberapa adegan yang memang diambil dengan camera iPhone tanpa adanya add on lens.

Kesimpulannya iklan ini tampaknya diambil sepenuhnya dengan camera iPhone XS. Namun peralatan tambahan dan software tambahan yang digunakan sangat professional dan tidak mungkin dapat direplikasi oleh pengguna awam. Hal ini sama seperti pada iklan Bentley beberapa tahun lalu yang juga diklaim diambil menggunakan kamera iPhone, namun dari behind the scene tampak banyak sekali peralatan professional yang digunakan untuk dapat menghasilkan footage seperti pada iklan. Tidak sepenuh salah, karena kamera yang digunakan benar-benar iPhone. Namun banyak footage dari iklan "Shot On iPhone" yang tidak dapat direplikasi oleh pengguna iPhone tanpa merogoh kocek dalam-dalam.

No comments:

Post a Comment