20190121

Vivo NEX Dual Display


Vivo selama ini terkenal sebagai second line brand dari Oppo yang terkenal sebagai brand untuk melakukan sejumlah fitur experimental. Seperti in-display fingerprint scanner, sliding front camera, dll. Yang terbaru adalah Vivo NEX yang kembali menghadirkan fitur eksperimental yaitu dual display.


Vivo NEX generasi baru ini masih tetap juga menggunakan in-display fingerprint scanner dengan hardware baru yang sama seperti digunakan pada Oneplus 6T. Dengan hardware baru ini tentu saja in display fingerprint dapat lebih digunakan dalam real world dibandingkan dengan NEX versi lama yang terasa sangat lemot untuk membaca sidik jari. 

Solusi Dual Display ini sebenarnya masih tetap sebagai upaya pabrikan untuk membuat layar utama bezelles. Permasalahan utama untuk menghadirkan layar yang bezelless adalah mengenai selfie camera, pada nex sebelumnya solusi yang dihadirkan adalah sliding up camera depan. Solusi ini oleh pasar dianggap kurang elegan karena dianggap tidak praktis dan ada delay waktu.

Pada Vivo Nex Baru ini kamera hanya terdapat di bagian belakang. Sedangkan bagian depan full layar. Bagian belakang yang memiliki layar ini berarti dapat digunakan untuk selfie. Kemudian sensor proximity juga terdapat pada bagian belakang. Saat menerima telepon yang menghadap ke telinga adalah bagian belakang. Jadi dengan konsep baru yang diusung ini tidak ada lagi kamera depan dan belakang. Karena kamera tersebut dapat difungsikan untuk kamera depan maupun belakang. 

Layar utama menggunakan ukuran 6,39" dengan ratio 19,5:9 dan resolusi Full HD+. Menggunakan teknologi layar Super Amoled. Layar kedua menggunakan ukuran 5,49" dengan ratio 16:9 dan resolusi Ful HD dengan teknologi layar Amoled. Untuk dapur pacunya sendiri menggunakan Snapdragon 845. Dengan SOC ini tentu saja kita bisa berharap performa flagship. Namun yang membuat kesan smartphone ini adalah experimental adalah desainnya yang terkesan belum Finish. Tampaknya dalam beberapa bulan kedepan kita akan melihat Oppo dengan konsep desain dual screen yang lebih terpoles.

No comments:

Post a Comment