20190226

Decal Untuk Custom Case Smartphone



Casing smartphone bagi sebagian besar penggunanya adalah sangat penting, bukan saja untuk melindungi smartphone dari benturan & goresan. Namun juga bagian dari ekspresi diri. Mulai memilih desain bentuk casing yang unik sesuai karakter, atau juga memilih desain gambar pada casing yang sesuai dengan kesukaan. Namun kadang bagi yang memiliki kesukaan gambar tertentu kesulitan untuk mendapatkan case smartphone yang diinginkan. Terutama bagi anak muda yang nge-fans akan sesuatu, misalkan penggemar anime yang ragamnya sangat banyak, karena untuk karakter anime tentu saja yang diproduksi oleh produsen case smartphone tentu saja yang merupakan karakter terkenal saja. Untuk karakter baru atau yang terlalu niche market tidak akan ada case dengan gambar karakter tersebut. Atau misalkan grup idol tertentu, yang jumlahnya juga sangat besar saat ini. Tentunya tidak semua grup idol muncul merchandise versi case smartphone.

Indo Gadget, baru saja mencoba membuat custom case dengan bahan sticker yang sangat unik yaitu Water Slide Decal. Selama ini kan untuk custom skin menggunakan bahan vinyl. Sedangkan kali ini Indo Gadget hendak menggunakan bahan Water Slide Decal dari SUN Indonesia. Bahan sticker ini sangat unik mirip sebuah lapisan gel tipis yang menempel dengan sangat kuat setelah mengering. Keunggulannya tentu saja karena sangat tipis tersebut memberikan hasil yang sangat rapi. Bagi yang menggunakan smartphone waterproof tentu saja dapat menerapkannya sebagai skin. Namun menurut Indo Gadget lebih baik digunakan pada case. Karena jika sudah bosan dapat dengan mudah diganti dengan gambar lainnya. 

Bahan yang diperlukan tentu saja 1 pack Water Slide Decal, 1 kaleng cat semprot clear, 1 case smartphone polos (bisa softcase maupun hardcase yang memiliki permukaan licin tanpa tekstur), komputer, & printer. Proses membuat desainnya di komputer tentu sangat mudah, pertama yang harus dilakukan adalah mengukur ukuran case yang akan digunakan, serta perkiraan lokasi lubang. Untuk lubang tidak perlu terlalu presisi, yang penting adalah perkiraan lokasi sehingga tidak ada gambar penting yang terkena lubang.

Selanjutnya untuk proses printing dan pemasangan dapat mengikuti tutorial yang ada dibalik kemasan Water Slide Decal tersebut. Sekitar tips untuk pengeringan sangat penting untuk dikeringkan dengan hair dryer dan untuk proses top coat dengan cat semprot clear adalah memberikan lapisan yang tipis-tipis dan diulang beberapa kali. Indo Gadget menyarankan untuk pelapisan cat clear adalah 3 kali lapisan tipis dengan jeda sesuai petunjuk dari cat semprot, biasanya sih sekitar 10 menit jeda antar pelapisan. 

Saat menempelkan decal ke case agar lebih mudah, case yang akan digunakan juga perlu dibasahi dengan air. Dengan permukaan yang basah, maka water decalnya lebih mudah untuk digeser dan dipaskan posisinya ke yang dikehendaki. Kemudian dengan  menggunakan tissue untuk membantu proses pengeringan sekaligus untuk menggeser gelembung udara yang terperangkap. Setelah posisi  decal sudah pas dan dirapikan dengan tissue, selanjutnya adalah membiarkan decal mengering. Setelah kering, decal akan merekat dengan kuat. 

Untuk bagian lubang pada case menggunakan cutter yang tajam dan mudah untuk dirapikan.  Selanjutnya agar lebih awet tentu saja perlu diberi lapisan cat semprot clear secara tipis hingga 3 kali. Water Slide Decal  dari SUN Indonesia ini terdiri dari jenis yaitu opaque & white. Opaque adalah bahan bening untuk ditempelkan ke warna bening. Sedangkan bahan white untuk ditempelkan ke warna gelap. Jadi jika case yang akan digunakan adalah berwarna tentu saja yang harus digunakan adalah Water Slide Decal White. Sebaliknya jika case yang dipakai adalah putih, menggunakan Water Slide Decal Opaque.
Dengan cara ini, Indo Gadget dapat memiliki case dengan gambar sesuai keingingan & juga kualitas gambarnya bisa lebih bagus daripada case produksi massal. Selamat mencoba ya.

No comments:

Post a Comment