20190218

Fuji X-T30 Budget Mid Entry Mirrorless Camera Rasa Flagship

FujiFilm dalam dunia fotografi dapat dikatakan pemain lama yang sudah ada sejak jaman fotografi masih menggunakan film. Pada era digital ini Fujifilm masih tetap adalah pemain yang diperhitungkan melalui berbagai produk kamera mereka. Salah satu unttulannya adalah tentu seri X-T yang saat ini untuk produk tertingginya adalah X-T3.  Kamera X-T3 ini memiliki sensor & image processor yang sangat bagus. Keunggulannya terutama pada low light performancenya yang sangat bagus mendekati kamera dengan sensor full frame. X-T3 yang merupakan produk flagship fujifilm memiliki produk turunan alias downgrade yaitu X-T30. 



X-T30 yang merupakan versi mid entry dari Fujifilm ini merupakan versi downgrade dari X-T3. Bagusnya downgrade dari Fuji Film ini tetap mempertahankan dua elemen penting dari X-T3. Kedua elemen penting tersebut adalah sensor & image processor pada X-T30 tetap sama. Sehingga secara kualitas gambar keduanya sama persis. Yang disunat tentu saja adalah body menjadi lebih kecil, tidak ada weather seal, resolusi view vinder & layar belakang yang lebih kecil, & specs untuk video yang lebih terbatas daripada versi X-T3.

Namun bagi fotografer tentu saja yang lebih dititik beratkan adalah fotografinya. Dengan kualitas gambar yang sama dengan X-T3 bahkan fitur autofocus yang lebih baik, tentu saja bisa dikatakan great deal. Fitur auto focus pada X-T30 ini nantinya akan muncul juga pada X-T3 pada update firmware berikutnya.

X-T30 yang memiliki body lebih kecil & ringan ini tentu pas untuk orang yang memiliki tangan kecil dan juga wanita. Bahkan X-T30 ini memiliki body yang sedikit lebih tipis daripada X-T20. Peletakan tombol sebenarnya mudah untuk dijangkau. Namun sayangnya Fujifilm ini memiliki layout tombol yang berbeda dengan mirroless digital dari brand lainnya. Bagi yang tidak terbiasa dengan kamera Fujifilm tentu akan sangat asing dengan pengoperasian kamera ini. Bahkan berpindah antar seri kamera mirrorless Fujifilm dapat berhadapan dengan layout tombol yang benar-benar berbeda. Namun jika sudah terbiasa, pengoperasian kamera fujifilm ini cukup nyaman. Sedangkan bagi fotografer kawakan yang sudah menjadi fotografer sejak era 70-an mungkin justru lebih suka dengan layout tombol dari fujifilm yang dapat dikatakan out school banget.

Secara value for money X-T30 ini tentu saja lebih value dibandingkan X-T3. Kecuali anda seorang outdoor fotografi yang suka menghabiskan waktu membuat foto wildlife, X-T3 tetap lebih layak karena sudah memiliki weather seal dan FPS yang lebih tinggi saat brust mode. Selebihnya X-T30 adalah alternatif yang menggiurkan.

No comments:

Post a Comment