20190208

Mi 8 Lite Akan Mendapatkan Night Scene Mode


Night Sight pada google Pixel
Sejak Google menambahkan fitur night sight mode pada Pixel, banyak pabrikan yang berusaha menghadirkan fitur serupa pada camera apps mereka. Fitur ini sangat tergantung pada digital image processing untuk membuat foto pada malam hari menjadi lebih appealing. Pada Google Pixel memang memberikan hasil yang sangat bagus untuk membuat foto malam hari tampak lebih bagus dengan exposure yang lebih seimbang dan minim noise berkat digital processing. Fitur Night Sight pada google pixel ini kemudian berusaha dimunculkan juga oleh dua pabrikan asala China yaitu Huawei dan Xiaomi dengan algoritma mereka sendiri dan diberi nama Night Scene. Untuk Xiaomi pada mulanya hanya muncul pada Mi Mix 3s dan kemudian juga muncul pada lini produk yang lain melalui software update.




Dalam waktu dekat ini Mi 8 Lite yang sudah resmi masuk ke Indonesia juga akan menerima update software dengan tambahan night scene mode. Hal ini tentu saja sangat bagus bagi pemilik Mi 8 Lite. Karena dengan camera apps yang ada saat ini kualitas dari gambar Mi 8 Lite pada saat low light sangat buruk, diharapkan dengan kehadiran fitur night scene ini dapat membuat foto low light yang lebih baik. Dan terbukti pada Redmi Note 7 yang sudah menerima fitur ini mampu menghadirkan foto low light yang dapat dikatakan bagus, Redmi Note 7 & Mi 8 Lite memiliki specs hardware camera yang hampir sama. Jadi dengan tambahan fitur ini tentu sangat positif.

Perbedaan hasil night mode pada Pixel mate 20 & Mi Mix 3
Tentu saja hasil yang didapatkan dari night scene yang sangat tergantung pada digital post processing, baik pada Google, Huawei, & Xiaomi masih terlihat beberapa artifact yang timbul akibat penggabungan beberapa foto menjadi satu foto malam hari yang lebih terang. Ketiganya memberikan hasil yang sedikit berbeda dengan kecenderungan algoritma google yang lebih over saturated dan Xiaomi yang memiliki saturasi yang plaing natural. Namun untuk detail lebih tajam pada algoritma milik google. Sedangkan algoritma miliki huawei memiliki kecenderungan ke green tinted color.

Hasil google lebih tajam dengan warna Xiaomi yang lebih natural

Google memiliki hasil lebih tajam

Dengan tambahan night scene, Mi 8 lite yang termasuk mid entry Xiaomi di pasar Indonesia tentunya dapat menjadi alternatif devices yang menarik untuk harga 3 jutaan.

No comments:

Post a Comment