20190227

Nokia 9 Pureview, Smartphone Camera On Steroid


Trend saat ini di kalangan pabrikan smartphone adalah menggunakan multi camera pada kamera utama. Fungsi multi camera pada smartphone tentunya beragam, mulai penggunaan panjang lensa yang beragam seperti pada Samsung S10, LG V40, Huawei Mate 20. Atau untuk meningkatkan kualitas foto dengan menggabungkan image dari sensor BW seperti pada seri Huawei P20.


Nokia 9 Pureview ini secara prinsip mirip dengan pendekatan yang dilakukan oleh Huawei P20, namun telah beberapa langkah lebih ekstrim. Jika Huawei P20 menggunakan sensor BW untuk meningkatkan detail kontras pada low light. Di Nokia 9 ini menggunakan 5 macam sensor dengan focal length yang sama dengan aperture yang sama. Namun ke-5 nya adalah jenis sensor yang berbeda, dengan 2 sensor warna dan 3 sensor BW. Dengan kemampunan untuk menulis raw file tentu saja memberikan kebebasan untuk post production. Dengan kemampuan dynamic range hingga 12,5 stop membuat nokia 9 pureview ini secara teori memiliki kemampuan HDR yang jauh lebih tinggi daripada kamera smartphone lainnya.

Untuk kondisi siang hari, nokia 9 ini memang memberikan hasil yang sangat luar biasa. Setiap detail baik pada area highlight maupun shadow dapat terekam dengan sangat baik. Bahkan bisa dibilang sebagai yang terbaik untuk saat ini. Sayangnya untuk malam hari logaritma kamera Nokia 9 ini masih harus ditingkatkan. Karena untuk kondisi low light kamera ini tidak memberikan hasil sebaik yang diharapkan. Hasil ini tentu saja dapat ditingkatkan jika Nokia memberikan software update untuk camera app di Nokia 9 ini.

Untuk bokeh effect Nokia 9 ini termasuk memberikan hasil yang sangat akurat. terutama karena sensor untuk depth mapnya menggunakan IR Sensor. Dengan bantuan IR Sensor ini tentu saja memberikan data jarak yang lebih akurat untuk membuat depth map.

Untuk video tidak terlalu istimewa. Jangan berharap hadirnya kemampuan untuk slowmotion dengan FPS super tinggi seperti pada kompetitornya. Namun secara kualitas warna video masih dapat dikatakan oke.

Untuk specs dari nokia 9 ini sebenarnya dapat dikatakan outdated karena masih menggunakan SOC Snapdragon 845 yang merupakan SOC Flagship tahun 2018 lalu. Baterai lifenya juga dapat dibilang buruk. Dan desain Penta Cameranya di Nokia 9 bagi yang memiliki trypophobia juga akan memberikan sensasi rasa takut. Namun bagi yang tidak memiliki phobia tersebut, desain penta camera ini cukup unik untuk sebuah smartphone.

Untuk sebuah smartphone flagship tentu saja Nokia 9 ini belum sempurna. Namun dari segi kamera cukup promising dengan zeiss optic dan potensinya untuk ditingkatkan jika nokia serius dalam mengembangkan software untuk camera apps di Nokia 9 ini. Selebihnya dari segi power, Nokia 9 ini dapat dikatakan kurang menarik. Namun semuanya tentu tergantung dengan prioritas kita dalam memilih smartphone. 

No comments:

Post a Comment