20190310

Gesture Navigation Pada Chrome Mobile


Menggunakan smartphone untuk browsing internet saat ini sudah menjadi sangat umum. Dan browser yang paling populer adalah Chrome Mobile dari Google. Namun untuk navigasi pada chrome mobile sangat menyusahkan untuk pengoperasioan satu tangan. Terlebih saat ini layar smartphone menjadi sangat besar dan tombol untuk back berada di bar atas atau menggunakan back button di bawah. Jika untuk back saja sudah menyusahkan, untuk forward lebih menyusahkan lagi. Karena untuk dapat forward harus menekan tombol 3 titik yang terletak di kanan atas. Proses navigasi sangat tidak intuitive. Ternyata selama ini terdapat hidden fitur yang terdapat di chrome mobile untuk memudahkan navigasi dengan menggunakan gesture. Mau tahu cara mengaktifkannya?? 




Fitur untuk navigasi dengan gesture swipe ke kiri untuk back & swipe ke kanan untuk forward sangat berguna untuk browsing internet pada smartphone. Dan fitur ini tersembunyi di dalam chrome mobile. Dan untuk mengaktifkan fitur ini bukan dengan melalui setting yang ada di dalam tombol 3 titik yang ada dikanan atas nav bar. Namun dengan memasukkan "chrome://flags"di address bar.

Setelah memasukkan chrome://flags tersebut kita akan melihat banyak fitur chrome mobile yang dapat kita aktifkan maupun non aktifkan. Cari "history navigation with gesture" rubah setting dari default ke enabled. Selanjutnya relaunch chrome untuk mengaktifkan fitur ini.

Dengan aktifnya fitur ini navigasi chrome menjadi lebih mudah untuk pengoperasian 1 tangan. Selamat mencoba. 

No comments:

Post a Comment