20190320

Stadia, Google Game Streaming Services


Game Streaming Services bukanlah sebuah hal baru. Sebelumnya pernah ada Onlive, sebuah services untuk dapat memainkan game dengan menggunakan cloud engine. Tujuan dari game streaming services ini tentu saja agar para gamer dengan hardware yang terbatas dapat memainkan games-games terbaru dengan setting graphic ultra high. Proses yang berat terjadi pada sisi server, sedangkan pada user sangat ringan sehingga dapat dimainkan dengan specs hardware yang tidak terlalu tinggi. Services ini saat beberapa tahun silam memang terdengar menjanjikan, namun  ada sebuah halangan yang tidak dapat dilampaui saat ide tersebut lahir yaitu koneksi internet yang membuat latency gamenya sangat buruk alias lagging. 




2019 ini tentu berbeda dengan 2010 silam saat konsep ini pertama kali lahir pada OnLive. Kini Stadia yang dihadirkan oleh google ini menawarkan pengalaman bermain game terbaru dengan specs tinggi yang dapat dilakukan pada desktop, laptop, tablet, & juga smartphone dengan menggunakan chrome browser. Keungguland dari system yang ditawarkan Stadia ini adalah mampu berpindah devices seamlessly. Jadi kita dapat berpindah dari smartphone saat diluar, dan langsung melanjutkan game tersebut di komputer saat kita tiba di rumah. Semua dapat dilakukan dengan mudah, yang dibutuhkan adalah google chrome pada semua devices kita terlogin pada google account yang sama.

Untuk kualitas gaming, user dapat memilih mulai dari resolusi 1080 hingga 4K, HDR support, & surround audio.
Stadia juga terintegrasi dengan Google Assistant, sehingga kita dapat langsung mencari walkthrough di tengah-tengah permainam & hasil pencarian dapat ditampilkan secara langsung melalui interlay miniscreen. 


Stadia juga menawarkan dedicated controller. Dengan dedicated controller akan memberikan pengalaman bermain yang lebih seamless. Karena berbeda dengan cara kontrol lainnya yang mengandalkan input dari devices yang kita gunakan. Stadia Controller akan langsung terkoneksi ke server melalui wi-fi dan menjanjikan latency yang lebih rendah dan minim lagging. Yang unik dari kontroller Stadia ini adalah pada bagian belakang terdapat cheat code paling terkenal dikalangan anak 80-an, yaitu Right - Left - Down - Up - A- B.  Kode cheat ini merupakan 30 lifes untuk game Super Contra pada NES atau yang di Indonesia lebih dikenal dengan konsul Nintendo.

Untuk services dari Stadia ini pada tahap awalnya baru akan hadir di US, Canada, UK, & sebagian besar Eropa. Untuk kawasan Asia sendiri termasuk Indonesia belum ada kejelasan kapankah Stadia akan hadir. Selain itu pada saat event launching, google belum menjelaskan secara rinci mengenai biaya & koneksi internet yang diperlukan untuk menggunakan Stadia ini. 

No comments:

Post a Comment