20190402

Gaming Smartphone di 2019


Pada tahun 2018 lalu smartphone khusus untuk gaming sempat beberapa kali memperoleh spotlight karena specs baik dari segi hardware maupun software mengkhususkan untuk bermain games mobile. Sepanjang 2018 beberapa smartphone khusus gaming dimunculkan terutama oleh pabrikan asal Tiongkok & Taiwan. Yang terkenal tentu saja ASUS ROG Phone, Xiaomi Black Shark, Razer Phone 2, dan sejumlah smartphone khusus gaming lainnya.





Genre khusus ini tampaknya tidak memperoleh perhatian yang cukup dari pasar. Meski beritanya cukup hype dikalangan tech blogger. Namun tidak memperoleh penjualan yang sesuai dengan target yang ditentukan. Jika pada tahun 2018 lalu, Razer Phone sudah mengumumkan Razer Phone 2 pada 2019 ini masih belum ada kabar apakah Razer Phone 3 akan keluar atau project tersebut akan dicancel. Sedangkan ROG Phone karena keluar di Q4 2018, tentu saat ini masih belum ada generasi penggantinya.

Satu-satunya yang di 2019 ini masih menunjukkan keseriusan untuk menggarap pasar khusus smartphone ini adalah Xiaomi Black Shark yang sudah merilis Black Shark 2. Dengan Snapdragon 855 yang dilengkapi dengan direct touch multilayer liquid cooling 3.0 tentunya akan membuat smartphone khusus gaming ini lebih dingin dan lebih tidak mengalami throttling down akibat panas. Karena Liquid Cooling 3.0 ini diklaim akan membuat suhu lebih hingga 14ยบ dibandingkan pendingin konvensional pada smartphone.


Tidak hanya hardware pada dapur pacu saja yang diperhatikan untuk membuat sebuah smartphone layak dikategorikan sebagai gaming smartphone. Agar sebuah smartphone dapat menjadi gaming smartphone maka harus memiliki layar dengan touch latency yang sangat rendah. Tujuannya jelas agar memperoleh gaming experience terbaik. Semakin sensitif tentu akan semakin baik bagi para gamer.


Pada layar juga selain memiliki touch yang sensitif juga harus memiliki warna yang bagus dan detail terutama frame rate yang tinggi. Hal ini sangat berguna untuk game-game yang high pace seperti first person shooter. Selain masalah warna layar, untuk urusan audio tentu haruslah minimal Stereo dan mampu menghasilkan suara yang detail.

Selain hardware yang memang diramu untuk kepentingan gaming, yang tidak kalah pentingnya adalah masalah software dengan gaming mode yang memberikan boost pada performance dan juga meminimalkan gangguan akibat notifikasi pada saat bermain game dengan gaming mode.

Meski pasar ini masih belum terbentuk seperti yang diharapkan, namun kesungguhan black shark untuk mengeluarkan generasi kedua patut diacungi jempol. Semoga ROG Phone 2 juga akan keluar di akhir 2019 nanti.

No comments:

Post a Comment