20190409

ToF Camera, Trend Fitur Flagship Smartphone di 2019


ToF Camera yang merupakan singkatan dari Time of Flight Camera merupakan sensor yang  berfungsi sebagai 3D Map. Cara kerja dari sensor ini adalah dengan menembakkan serangkaian cahaya infra merah dan kemudian menghitung delay waktu dari cahaya tersebut terpantul kembali ke kamera. Tujuannya adalah untuk dapat mengukur jarak objek secara presisi. Jadi ToF Camera ini bukan kamera seperti pada umumnya yang berfungsi untuk merekam cahaya dan mengubahnya menjadi gambar atau video. ToF Camera adalah untuk mengukur jarak dengan mencatat waktu sebuah cahaya yang dikeluarkan dari sensor dan kembali ke sensor.



Teknologi TOF Camera ini sebenarnya bukanlah barang baru. Untuk konsumer product sebenarnya teknologi ini sudah ada sejak 2013 melalui Kinect 2 yang diproduksi oleh microsoft. Namun di 2019 ini ToF diaplikasikan untuk Smartphone. Tujuannya jelas secara teori adalah untuk meningkatkan akurasi dari Digital Bokeh. Selama ini dengan setup 2 kamera tentu saja memiliki permasalahan untuk dapat menghasilkan bokeh yang akurat. Tidak hanya pada objek separasi, namun juga penentuan jarak yang sering tidak akurat. Dengan penambahan ToF camera ini diharapkan mampu untuk memberikan data depth map yang lebih akurat.

Mengapa Indo Gadget mengatakan secara teori dapat meningkatkan kualitas digital bokeh. Karena proses dari Digital Bokeh itu sendiri sangat komplek dan sangat melibatkan software processing. Data dari ToF camera dapat berguna atau tidak sangatlah tergantung dari algoritma yang digunakan untuk mengolahnya. Dan secara hardware memang ToF lebih akurat, namun untuk hasil akhir sangat tergantung bagaimana developer menggunakan data tersebut.

Guna lain dari ToF kamera selain untuk depth map digital bokeh, juga berguna untuk focusing pada kondisi low light. Karena ToF kamera dilengkapi dengan infra merah sehingga meski dalam gelap tetap dapat menghitung jarak. Dan dari Smartphone yang sudah menggunakan ToF camera, fungsi lainnya adalah untuk objek separasi secara real time. Jadi dengan kemampuan ToF camera untuk menghitung jarak objek hingga 160fps mampu membuat efek video secara real time untuk memisahkan objek utama dengan background. Misalkan untuk membuat efek objek utama berwarna dengan background hitam putih. Dengan adanya ToF Camera ini, efek tersebut dapat dilakukan secara realtime, bukan pada post process.

ToF kamera juga dapat meningkatkan kemampuan Augmented Reality. Karena dengan akurasi jarak yang semakin baik, tentunya proses untuk AR akan semakin akurat dan membuka kemungkinan baru dari applikasi AR games & apps di Smartphone. Dan berdasarkan rumor Apple juga akan mengimplementasikan ToF Camera ini pada iPhone XI untuk keperluan AR.

Saat ini memang belum banyak Smartphone yang telah menggunakan ToF Camera. Namun di quarter akhir 2019 akan semakin banyak smartphone yang melengkapi diri mereka dengan ToF Camera ini. Sebab meski terkesan high tech, namun ToF Camera sensor ini tidak mahal dan tidak terlalu membebani cost component. Harganya kurang lebih sama dengan sensor camera biasa. Jadi kedepannya mungkin pada q2 2020 baru fitur ini akan muncul di mid entry smartphone untuk memberikan hasil digital bokeh yang lebih baik. 

No comments:

Post a Comment