20190628

iPadOs, Sekedar Ganti Nama atau...???


iPad dapat dikatakan tetap adalah raja dalam pasar tablet PC. Meski pasar Tablet PC terus menyusut dari tahun ke tahun, namun iPad dapat dikatakan tetap stabil. Sementara Android dapat dikatakan cukup kesulitan dalam menghadirkan user experience yang dapat dikatakan produktive sebagai jembatan antara mobile devices dan dekstop computing. Bahkan google sendiri sudah menutup usaha mereka untuk membuat pixel tablet. Meski tetap membuat android versi tablet untuk manufaktur lain. Namun ini menunjukkan bahwa google melepas pasar ini.


Berbeda dengan google, apple justru semakin serius menggarap pasar tablet pc melalui iPad & iPad Pro. Untuk generasi depan, apple memisahkan iPad dari iOs dan menggunakan OS baru yang memang secara spesifik untuk meningkatkan produktifitas. Dengan iPadOs yang saat ini baru dalam tahap beta menawarkan beberapa fitur baru yang sangat menunjang pekerjaan dengan menggunakan iPad terutama iPad Pro.

Jadi iPadOs ini bukan sekedar nama baru, namun bisa dikatakan benar-benar versi touch dari MacOs X. Sejumlah perubahan sangat menguntungkan bagi user yang menggunakan iPad untuk pekerjaan. Seperti untuk mengolah doc, spreadsheet, presentation, bahkan untuk vlogger iPad menawarkan kemampuan yang semakin mirip dengan dekstop computing experience.

Perubahan cukup besar mulai dari homescreen hingga ke Safari. Bahkan Safari di iPadOs akan dikenali sebagai mac. Keyboard juga memiliki banyak fitur baru yang lebih memudahkan untuk mengetik pada tablet. Bahkan fitur yang paling menarik adalah sidecar, yaitu menggunakan iPad sebagai secondary monitor untuk mac dengan latency yang sangat rendah. Selama ini memang telah cukup banyak app serupa di appstore yang menawarkan kemampuan iPad sebagai second monitor, namun memiliki banyak keterbatasan.

Jika memiliki iPad generasi baru tentu dapat menikmati iPadOs baru ini pada sekitar september nanti.

No comments:

Post a Comment