20191029

Komparasi GCam Redmi Note 8 Vs Realme 5 Pro

Untuk Smartphone kelas harga 2,5 juta hingga 3,5 Juta-an yang terbaik untuk saat ini tentu saja ada beberapa kandidat. Seperti Redmi Note 8 Pro, Redmi Note 8, & Realme 5 Pro. Dari segi kinerja & gaming experience dalam kelas harga ini tentu saja Redmi Note 8 Pro adalah yang terbaik. Namun untuk GCam alias Google Cam, yang terbaik di kelas ini tentu saja Redmi Note 8 & Realme 5 Pro. GCam Mod selama ini memang lebih di optimasi untuk Snapdragon SOC, sementara untuk SOC lain sangat jarang ditemukan GCam Mod yang kompatibel. Karena alasan itulah Redmi Note 8 Pro yang menggunakan mediatek tidak termasuk.


GCam merupakan camera App dari Google yang sangat populer. Sebelumnya app ini dapat digunakan pada hampir semua android. Namun kemudian berubah menjadi Nexus Devices only, dan saat ini telah menjadi ekslusif untuk Pixel saja. Banyak fitur menarik dari GCam, namun tidak hanya fitur seperti HDR+, Night Sight, Super Res Zoom,  & Portrait Mode yang membuat GCam sebagai favorit Camera Apps pada Android. Namun yang lebih disukai adalah karena algoritma pengolahan gambarnya yang lebih baik daripada stock camera apps maupun camera apps lain di Playstore. Gcam mampu menghasilkan foto yang lebih sharp, lebih natural, dan dynamic range yang lebih luas dibandingkan stock camera.

Bagi penggemar Smartphone Photography tentu saja performa & kelengkapan fitur dari GCam Mod menjadi salah satu pertimbangan dalam memilih smartphone baru. Dan untuk kelas harga 3 jutaan ini yang terbaik tentu saja Redmi Note 8 (bukan versi Pro) & Realme 5 Pro. Kedua smartphone ini tentu saja memiliki hardware camera yang cukup bagus untuk kelas harganya. Keduanya memiliki sensor dengan maks resolusi yang sama yaitu 48MP. Jika Realme 5 Pro menggunakan sensor Sony IMX586 yang sudah terbukti mampu menghasilkan foto yang bagus dan banyak digunakan oleh smartphone dengan price range diatas Realme 5 Pro. Sedangkan untuk Redmi Note 8 menggunakan sensor Samsung.

Dari hasil stock camera, Realme 5 Pro sedikit lebih unggul. Dengan detail yang lebih sharp dibandingkan dengan hasil dari Redmi Note 8. Namun perbedaannya tidaklah terpaut jauh. Nah bagaimana dengan saat menggunakan Gcam?

Kedua smartphone ini karena menggunakan Chip Snapdragon yang tergolong baru dengan Android 9 Pre Installed, maka mencari apk Gcam yang worked itu sangatlah mudah. Pada keduanya hampir semua fitur Gcam mampu bekerja dengan baik, seperti Night Sight, HDR+, EIS. Namun keduanya memiliki problem yang sama yaitu slow motion tidak berfungsi. Namun untuk video, EIS dari Gcam bekerja jauh lebih baik jika dibandingkan dengan EIS pada video di stock camera apps.

Untuk instalasi pada keduanya cukup mudah. Untuk Realme 5 Pro perlu masuk ke setting dan mengubah sejumlah setting pada BSG Mod Setting, yaitu pada setting advanced HDR & Saturasi. Hal ini merupakan bawaan dari sensor IMX568 agar dapat menghasilkan warna yang "normal" seperti hasil Gcam pada sensor lainnya. Sedangkan pada Redmi Note 8 kita juga perlu mengubah sejumlah setting yaitu pada advanced HDR. Setelah itu semuanya akan bekerja dengan sangat baik pada kedua smartphone ini.

Perbedaan yang sangat terasa dari GCam & stock camera app adalah dari segi warna yang lebih natural, detail yang lebih sharp, dynamic range yang lebih luas, & night mode yang jauh lebih baik.

Karena pada stock apps sudah sedikit lebih baik pada Realme 5 Pro, maka pada Gcampun berlaku hal yang sama. Hasil dari Realme 5 Pro sedikit lebih tajam, namun perbedaannya tidaklah terlalu jauh. Jika melihat kinerja secara keseluruhan Realme 5 Pro tentu lebih gegas. Namun jika selisih harga sebesar 500K untuk varian 64GB itu menjadi pertimbangan tentu Redmi Note 8 adalah absolute winner.

No comments:

Post a Comment